Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Kaltim

BNN Bekuk Bandar Narkoba Sangatta 

SAMARINDA – Peredaran narkoba di wilayah Kaltim kian menghawatirkan. Jual beli barang haram tersebut bahkan telah menjadi ladang usaha yang cukup menjanjikan bagi sebagian kalangan. Seperti yang dilakukan IP seorang bandar narkoba asal Sangatta, Kutai Timur (Kutim) yang berhasil dibekuk Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim, Sabtu (8/12) lalu.

Dari hasil penyelidikan petugas BNNP Kaltim, terungkap bahwa tersangka IP memiliki sejumlah aset berharga yang diduga dibeli menggunakan uang hasil penjualan narkoba. Aset yang didapatkan dari IP terbilang cukup fantastis.

Sebuah rumah, lima unit kendaraan roda empat (R4), 11 kendaraan roda dua (R2), satu unit ponsel dan uang tunai sebanyak Rp 43 juta disita BNNP dari tangan tersangka IP. Semua aset itu diduga kuat sebagai bagian dari tindak pidana pencucian uang (TPU) yang dilakukan tersangka IP.

Kepala BNNP Kaltim, AKBP Halomoan Tampubolon menerangkan, dalam perkara tersebut, pihaknya tidak hanya mengamankan tersangka IP. Sebanyak lima anggota jaringan pengedar yang berada di bawah pimpinan IP ikut dibekuk BNNP. Mereka adalah AD, MS, KM, AT dan AY.

Barang bukti narkoba dan alat timbang juga ikut diamankan.(FOTO: DIRHAN/METRO SAMARINDA)

Penangkapan terhadap gembong narkoba asal Sangatta itu bermula dari laporan masyarakat pada pertengahan November 2018, bahwa di Jalan Yos Sudarso I, Gang H Jamaluddin, RT 01, Sangatta Utara, kerap dijadikan lokasi transaksi gelap narkoba jenis sabu-sabu.

Dari laporan itu, petugas BNNP Kaltim kemudian melakukan penyelidikan. Alhasil, pada Rabu (21/11), petugas BNNP Kaltim berhasil mengamankan dua orang pengedar yakni AD dan MS di sebuah rumah barakan di Gang H Jamaluddin.

Dari tangan AD petugas BNNP mengamankan barang bukti 20 poket narkoba jenis sabu seberat 5,64 gram dan uang tunai Rp 900 ribu yang diduga hasil dari penjualan narkoba. Dari tangan MS petugas juga mengamankan 11 poket sabu seberat 5,67 gram dan uang tunai sebesar Rp 2 juta.

1 2 3 4 5Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button