Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Kaltim

2019, Tak Ada Proyek Baru

“Kalau proyek yang baru dan besar belum ada. Kita masih fokus bagaimana membangun konektifitas antardaerah saja dulu. Saya masih pengin membuat perencanaan dan mendesain (program pembangunannya)”. Isran Noor (Gubernur Kaltim)

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Isran Noor memastikan sepanjang tahun 2019 hingga 2020, dirinya belum akan ada membangun proyek-proyek baru berskala besar, atau multiyears contract (MYC). Dalam dua tahun ke depan, pemerintah provinsi (pemprov) ingin fokus membenahi infrastruktur dan konektifitas lintas kabupaten/kota di Kaltim.

Isran memandang, membangun konektifitas antardaerah perlu dilakukan segera. Karena itu akan menentukan seberapa besar upaya akselerasi program pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah ke depan. Terutama dalam meningkatkan kualitas pembangunan di masyarakat.

“Kalau proyek yang baru dan besar belum ada. Kita masih fokus bagaimana membangun konektifitas antardaerah saja dulu. Saya masih pengen membuat perencanaan dan mendesain (program pembangunannya, Red.),” kata dia, Kamis (13/12) kemarin.

Salah satu desain pembangunan yang akan digarap yakni program pengentasan banjir di Kota Samarinda. Normalisasi Sungai Karang Mumus di antaranya. Karena Karang Mumus adalah salah satu sentral yang diyakini dapat mengurai banjir di Kota Tepian.

“Di 2019 dan 2020, belum akan dilaksanakan. Saya masih mendesain dan membuat perencanaan. Karena nanti saya akan minta bantuan pusat. Dananya bukan dari APBD, tetapi dari APBN. Termasuk (proyek berskala besar) yang lainnya,” tutur dia.

Rencananya, APBD Kaltim akan dimaksimalkan untuk menanggani masalah infrastruktur dan konektifitas di daerah. Misalnya jalan-jalan rusak yang dimiliki masyarakat. Termasuk di bidang pendidikan dan kesehatan. “Karena itu yang dibutuhkan (masyarakat, Red.). Jadi enggak ada proyek-proyek besar,” tegasnya.

Disinggung terkait kelanjutan sejumlah MYC seperti Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) IV, Jembatan Pulau Balang dan beberapa proyek serupa lainnya, Isran mengaku, semua proyek tersebut akan tetap dilanjutkan.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button