Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Advertorial

Bekali Ilmu Administrasi Pembukuan 

BONTANG – Lima orang perwakilan Kelompok Tani Hutan Sumber Cahaya mengikuti pelatihan administrasi dan pembukuan, Senin (17/12), di Suvi Training Jalan P Suryanata, Kelurahan Bontang Baru. Pelatihan garapan Departemen Corporate Social Responsibility (CSR) Pupuk Kaltim itu berlangsung selama dua hari hingga Selasa (18/12) hari ini.

Pelatihan ini bertujuan agar kelompok tani yang melakukan kegiatan pembibitan, perawatan, dan penanaman mangrove itu dapat memahami cara mengelola pembukuan atau administrasi dalam kelompok. Serta anggota kelompok dapat lebih meningkatkan kapasitas dirinya seperti mampu membuat, menyusun, serta mengelola seluruh aktivitas kelompok.

Staf Departemen CSR Pupuk Kaltim, Esti Yuli Wulandari dalam sambutannya mengatakan, selama ini Suvi Training telah banyak melatih mitra binaan Pupuk Kaltim melalui beberapa program CSR karena adanya sinergi antara program satu dengan program lainnya. Ia mengucapkan terima kasih kepada tim Suvi Training yang melatih lima orang perwakilan Kelompok Tani Hutan Sumber Cahaya.

Salah satu peserta pelatihan tampak serius berlatih administrasi pembukuan.(FAUZI/HUMAS PUPUK KALTIM)

“Mudah-mudahan pelatihan ini bermanfaat karena administrasi dan pembukuan ini adalah suatu hal yang penting, namun kadang-kadang disepelekan. Bagaimana kelompok bisa berkembang dan maju, dilihat dari bagaimana dia bisa membuat administrasi dan dokumentasi pembukuannya,” ucap Esti.

Melalui administrasi pembukuan, tentunya segala pengeluaran maupun pemasukan dapat dicatat dengan rinci. Diharapkan ke depannya, mereka lebih terampil sehingga dapat mengembangkan serta memajukan kelompok juga usahanya. “Untuk yang belum bisa komputer, nanti sekalian dapat berlatih melakukan pelatihan komputer. Itu suatu hal yang penting agar nantinya saat kami meminta data sudah menggunakan sistem komputer bukan sistem manual lagi,” tuturnya.

Di tempat sama, Instruktur Suvi Training, Evi Wanti menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk perhatian Pupuk Kaltim kepada kelompok usaha. Agar ke depan usahanya dapat maju dan bisa berjalan dengan baik. Seperti diketahui, beberapa kelemahan usaha kecil berada di sistem administrasi dan manajemennya.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button