Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Breaking News

Lulusan SMKN 2 Dibidik Korea

SANGATTA- Perusahaan Korea meminta sekira 20 siswa lulusan SMKN 2 Sangatta Utara. Taufik Hidayat selalu Kepala SMKN 2 mengatakan, hal itu menjadi kebanggan tersendiri bagi dirinya dan tentunya Kutim.

“Kami kerja sama dengan akademi maritim dan STP di Semarang, Tegal, dan Jakarta. Nah kami selalu dapat kabar dari sana,” kata Taufik.

Meskipun begitu, dirinya tak lantas langsung menerima pinangan perusahaan. Perlu kajian dan pertimbangan matang. Seperti memperhatikan hak, perlindungan hukum, dan lainnya.

“Sebelum kirim alumni, kami perhatikan semua. Jadi para siswa benar-benar terlindungi dan kerja sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

Sebelumnya, awal 2018 alumni SMKN 2 juga menjadi incaran perusahaan Jepang dan Taiwan. Masing-masing, 8 orang ke Jepang dan 14 orang ke Taiwan.

Kemudian pada 2017 lalu, 22 orang yang direkrut perusahaan luar. Mereka dipekerjakan di Afrika, Singapura, dan negara lainnya.

“Sebanyak 22 alumni 2018 ini diambil dari jurusan Teknik Kapal Niaga, Nautika Kapal Niaga, dan Nautika Kapal Perikanan,” jelasnya.

Memang kata Taufik, alumni sekolah yang dipimpinnya cukup banyak yang mengincar untuk dipekerjakan. Hanya saja, banyak di antara mereka yang memilih melanjutkan perguruan tinggi. Tentu saja sekolah tak dapat melarang.

“Tapi kami serahkan kepada alumninya. Mungkin saja ada yang mau lanjut kuliah. Kalau ada yang mau kuliah, mereka langsung diterima tanpa tes untuk masuk ke Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta,” kata Taufik.

Dikatakan Taufiq, ada beberapa pertimbangan perusahaan menarik siswanya. Pertama, karena pihaknya menerapkan sistem pendidikan yang jelas dan terarah. “Seperti penanaman nilai disiplin, akhlak, agama, dan tentu saja akademis,” tukasnya. (dy)

Tags

Related Articles

Comment

Back to top button