Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]

Connect with us
Bermita Bersama Kami

Feature

Zehan Nurhadzar, Perempuan Indonesia yang Pelopori Sajian Kopi Racikan Khusus di Argentina Ingin Hadirkan Kopi Indonesia Lebih Sering, tapi Terhalang Biaya

Published

on

RACIKAN KOPI: Zehan Nurhadzar (tengah) dan dua barista yang bekerja di Lattente, Buenos Aires. (JUNEKA/JAWAPOS)
Dibaca normal 5 menit

Zehan Nurhadzar mendirikan Lattente setelah tak menemukan kopi enak kala pertama singgah di Buenos Aires. Berikut laporan wartawan Jawa Pos JUNEKA S. MUFID yang menemui perempuan kelahiran Bogor itu di ibu kota Argentina tersebut.

Cappuccino saya tinggal setengah saat Zehan Nurhadzar datang menyapa. Mengenakan blazer hitam dan rok putih bermotif, dengan rambut yang pirang tergerai, dia meminta dua barista perempuan menyiapkan seduhan. ”Kopi dari Guatemala ya,” katanya kepada dua barista itu dalam bahasa Spanyol.

Sore itu, awal Desember lalu, Lattente, kafe yang dia miliki bersama Daniel Cifuentes, seorang kawan warga Argentina, sedang ramai. Belasan pelanggan tengah asyik mengopi di kafe yang berada di dekat pusat perbelanjaan Distrito Arcos, Buenos Aires, Argentina, tersebut.

”Kalau beberapa kali dengar assalamualaikum, jangan kaget. Ibuku baru dari sini, jadilah mereka (para barista Lattente, Red) belajar bahasa-bahasa,” kata Zehan, lantas tertawa.

Adalah Antonius, staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Buenos Aires, yang merekomendasikan Lattente. Sebuah specialty coffee shop yang sudah punya nama beken di Argentina.

Di Google, dalam pengecekan awal Desember lalu, Lattente mendapat nilai 4,5/5 dari 689 orang yang memberikan ulasan. Selain karena kopi yang disajikan, sosok Zehan, perempuan kelahiran Bogor, Jawa Barat, 14 Mei 1986, itu, yang menjadi dasar rekomendasi Anton, sapaan Antonius.

”Kopi Lattente punya Mbak Zehan memiliki banyak pilihan kopi terbaik saat ini,” kata Anton kepada saya di sela-sela meliput G20 Leader Summit yang berlangsung 30 November hingga 1 Desember lalu.

***

Semua bermula ketika Zehan liburan kuliah di kawasan Amerika Latin delapan tahun lalu. Di Argentina, mahasiswi Jurusan Periklanan Voronezh State University, Rusia, itu ikut mengerjakan proyek perusahaan milik kakak Daniel Cifuentes.

Sebelumnya1 dari 4 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments