Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Bontang

Tahanan Dikabarkan Babak Belur, Lapas Bontang Sebut Salah Paham

KABAR tidak mengenakkan muncul dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Bontang. Beredar informasi bahwa salah seorang tahanannya babak belur dihajar petugas. Hingga kepala mengeluarkan darah.

Dikonfirmasi awak media, Kepala Lapas Bontang, Heru Yuswanto membenarkan hal tersebut. Kata dia, memang terjadi kesalahpahaman antara salah seorang warga binaan kasus narkoba bernama M Namir alias Amir (50), dengan petugas Lapas. Yang berujung pada aksi kekerasan yang tidak perlu.

Heru menjelaskan, kejadiannya pada Sabtu (5/1/2019) senja lalu. Ketika Amir baru saja dipindahkan dari Lapas di Samarinda ke Lapas Bontang. Dalam proses pemeriksaan yang dilakukan petugas, Amir melakukan pergerakan tubuh seperti menyikut. Gerakan tubuh ini dianggap oleh petugas sebagai upaya perlawanan. Yang lantas membuat petugas melakukan aksi kekerasan yang tak perlu.

“Miskomunikasi. Dianggap (gerakan) itu perlawanan, menurut versi anggota saya (petugas, Red.). Tapi menurut Pak Haji (Amir, Red.), itu hanya sekadar menepislah, membela dirilah. Beda persepsi. Akhirnya terjadilah,” jelas Heru, ditemui Senin (7/1/2019).

Kata dia, petugas yang melakukan aksi tak terpuji tersebut merupakan petugas yang masih muda dan terbilang baru bekerja. Diduga lantaran sedang berada dalam tekanan dan merasa punya wewenang, akhirnya melakukan aksi kekerasan.

Dalam hal ini, pihaknya akan lebih dahulu melakukan pemeriksaan intern pada petugas yang dimaksud. Namun sudah ada gambaran mengenai kejadian tersebut. Diperkirakan jumlah petugas yang terlibat lebih dari satu.

“Yang jelas pasti akan dapat sanksi. Kalau berapa orang (petugas), belum tahu (jumlahnya). Karena belum diselidiki. Yang jelas sudah ada gambaran, tidak mungkinlah cuma satu (petugas),” terangnya.

Heru menegaskan, sejatinya tidak dibenarkan penggunaan kekerasan oleh petugas kepada warga binaan. Menurut dia, selama ini tidak pernah ada perlakuan seperti itu pada tahanan yang baru diterima Lapas Bontang.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button