SPBU Terganjal Sengketa Lahan dan Penolakan

BANJARBARU – Meski pembangunannya sudah selesai sejak beberapa bulan yang lalu, namun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jalan Trikora, Kelurahan Guntung Manggis, Landasan Ulin, Banjarbaru belum juga difungsikan. Ditengarai ada sejumlah masalah yang membuat SPBU ini tak kunjung beroperasi.

Dari pantauan Radar Banjarmasin, Selasa (8/1) kemarin, bangunan terletak tidak jauh dari persimpangan antara Jalan Guntung Manggis dan Trikora tersebut tampak sepi. Sebagian lokasinya terlihat masih ditutupi pagar seng.

Kabag Ekobang Kelurahan Guntung Manggis Pandianor mengatakan, tempat pengisian bahan bakar minyak (BBM) itu sebelumnya direncanakan beroperasi pada awal bulan ini. Namun, karena terganjal beberapa masalah membuat SPBU belum bisa diresmikan.

“Ada dua masalah yang mengganjal SPBU. Pertama, karena ada penolakan dari warga. Yang kedua, lahannya ternyata bersengketa,” katanya kepada wartawan, kemarin.

Namun, dia menyebut saat ini penolakan warga mulai mereda. Setelah mereka tahu bahwa SPBU tersebut terbentur sengketa lahan. “Padahal tahun lalu masalah ini sampai dilaporkan warga ke Ombudsman. Lantaran, mereka menuding pihak SPBU tidak melakukan sosialisasi sebelum melaksanakan pembangunan,” ucapnya.

Lanjutnya, sengketa lahan sendiri baru diketahui sekitar November 2018. Saat itu, seseorang yang mengaku sebagai pemilik tanah datang bersama tim dari BPN Banjarbaru untuk mengecek batas. “Ternyata lahan pemilik SPBU berada di bagian belakang, bukan di depan. Tapi SPBU dibangun di depan, tepat di pinggir Jalan Trikora,” ujarnya.

Mengetahui lahannya dibangun SPBU, pemilik tanah lalu meminta agar pembangunan dihentikan. Namun, permintaan itu tak ditanggapi oleh pihak SPBU. “Karena tak ada tanggapan, pemilik lahan lalu menggugat pihak SPBU ke Polda Kalsel. Sekarang kasusnya masih diproses di sana,” jelasnya.

Ditanya siapa pemilik SPBU dan penggugatnya, pria yang akrab disapa Pandi ini enggan membeberkannya. “Coba konfirmasi ke Polda saja Mas,” katanya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept