Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Breaking News

Ini Pemicu Naiknya Harga Tiket Pesawat

BALIKPAPAN–Mahalnya harga tiket pesawat rute domestik dikeluhkan masyarakat. Bahkan, disandingkan dengan rute luar negeri, harganya tidak jauh beda. Namun, bagi maskapai hal ini harus dilakukan agar cash flow mereka sehat. Sebab, biaya operasional meningkat.

Setelah masa peak season mulai Natal dan tahun baru, hingga liburan anak sekolah usai, harga tiket pesawat terbang domestik tak kunjung turun. Sales Representative Citilink Balikpapan Chandra Wahyudi mengatakan, biaya operasional pesawat sekarang ini mahal. Reli dolar yang terus menguat tahun lalu memberikan operasional airlines harus mengencangkan ikat pinggang.

“Operasional pesawat ini kan lebih banyak menggunakan dolar. Sedangkan income-nya rupiah. Ya, tahun lalu kita lihat dolar terus menguat. Rupiah sempat terpukul. Ya, menaikkan harga tiket pesawat pun jadi pilihan. Saya pribadi juga berat lihat pesawat ini,” ucapnya ditemui ruang kerjanya.

Dia juga menjelaskan, saat ini sebenarnya memasuki masa low season. Tapi, sejauh ini demand masih tetap tinggi. Load factor masih di angka 80 persen. “Penerbangan dari Balikpapan, Citilink ada enam flight,” tuturnya.

Desakan dari masyarakat agar harga tiket turun dia juga rasakan. Sekarang ini, kalau membelikan tiket keluarganya cost yang dikeluarkan bertambah.

“Tapi, ya, mau bagaimana lagi. Semua kebijakan dari pusat. Kami jelas mengikuti saja. Saya pribadi juga ingin ada penurunan harga,” imbuhnya.

District Manager Lion Air Balikpapan Achmad Affandi mengatakan, saat ini masuk masa low season. Memang seharusnya harga tiket sudah kembali normal. Tapi, harga turun tapi tidak seperti biasanya.

“Ya, sekarang dolar naik. Minyak dunia kemarin sempat naik. Harga Avtur sempat naik. Belum lagi dolar. Operasional kami ini kan hampir sebagian besar menggunakan dolar. Sekarang ini kondisi maskapai juga sedang sulit. Jadi, saya rasa kenaikan ini ya dilakukan untuk mengatur cash flow,” ujar pria akrab disapa Fandi ditemui usai peresmian rute baru Lion Air Balikpapan-Kertajati.

1 2 3 4Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button