Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Breaking News

Tiga Komisioner Bawaslu Berau Dilaporkan ke Polisi

TANJUNG REDEB – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kaltim Muhammad Saiful, tak terkejut mendengar kabar dilaporkannya tiga komisioner Bawaslu Berau ke polisi oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, Nana Mailina.

Menurutnya, hal itu merupakan risiko bagi komisioner Bawaslu yang menjalankan tugas sebagai pengawas pemilu. Namun ketiga komisioner yang sekaligus menjadi terlapor di polisi, disebutnya sebagai hal baru di Kaltim.

Menurut Saiful, selama ini laporan pihak-pihak yang tidak puas dengan keputusan Bawaslu, hanya dilayangkan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), bukan ke polisi. “Apalagi yang melaporkan merupakan komisioner KPU,” katanya diwawancara Berau Post kemarin (11/1).

Dirinya mengaku sudah berkoordinasi dengan ketiga komisioner Bawaslu Berau yang menjadi terlapor. Saiful pun menegaskan, proses hukum yang dijalani ketiga komisionernya di Bumi Batiwakkal, jangan sampai membuat ketiganya kehilangan fokus mengawal tahapan pemilu yang sudah di depan mata.

“Tapi kami juga masih menunggu apakah laporan tersebut memenuhi unsur, baik secara formil dan meteril untuk ditindaklanjuti atau tidak. Saya juga menekankan kepada teman-teman di Berau untuk menjalani dan hadapi itu. Selama benar, jangan ada rasa gentar di situ,” tekan Saiful.

Tapi untuk diketahui tambah Saiful, kepastian siapa yang bersalah dalam tudingan pelanggaran kode etik, bukanlah ketika laporan masyarakat dibawa Bawaslu ke DKPP. Tapi setelah DKPP mengeluarkan keputusan atas laporan tersebut.

“Jadi perlu dipahami, setiap penyelenggara pemilu (Bawaslu dan KPU, red) selalu memiliki risiko untuk bisa masuk pada klasifikasi pelanggaran kode etik. Baik atas laporan pihak yang tidak puas atau pihak yang merasa selama ini mencari keadilan, tapi itu akan dibuktikan di DKPP,” pungkasnya.

Sebelumnya, Nana Mailina melaporkan Sekretaris DPC Partai Perindo Berau Refliansyah ke Polres Berau dengan gugatan perbuatan tidak menyenangkan dan pencemaran nama baik.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button