Tahun Politik, Okupansi Hotel Cerah

BALIKPAPAN- Hadirnya tahun politik menjadi angin segar bagi pelaku bisnis perhotelan dan restoran di Bumi Etam. Banyaknya kegiatan yang bakal membutuhkan akomodasi hotel diyakini akan berkontribusi besar pada pertumbuhan bisnis tahun ini. Mereka yakin bisnis perhotelan akan tetap cerah minimal hingga April 2019.

“Biasanya setelah tahun baru, okupansi hotel merosot. Bahkan tahun ini tidak lama lagi Ramadan dan Lebaran. Biasanya hotel sepi. Namun, adanya pemilu ini diharapkan mampu menjadi stimulus. Karena banyak kegiatan digelar di hotel. Baik pertemuan tingkat kota, daerah hingga nasional,” ujar Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Balikpapan Sahmal Ruhip, Minggu (13/1).

Dia mengungkapkan, pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) memiliki pengaruh yang cukup menonjol sejak November lalu. Kegiatan politik yang sudah dimulai turut meningkatkan permintaan (hunian) kamar hotel. Hal itu berlanjut hingga Desember.

Bahkan berdasarkan informasi yang diterimanya, puncak kegiatan politik adalah April mendatang, karena akan ada pertemuan skala nasional yang diikuti sekitar 5 ribu orang. “Baru saja saya diberi kabar,” ungkapnya.

Tetapi, ancaman penurunan okupansi hotel tetap ada. Apalagi dengan beroperasinya Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda. Dan saat ini tiket pesawat mahal. Sudah pasti itu menjadi ancaman bagi jumlah kunjungan ke suatu daerah.

“Moda transportasi ini penting. Kalau naik, imbasnya cukup besar. Saya harapkan pemerintah bersama pelaku pariwisata harus bekerja sama menggelar kegiatan rutin yang menjadi magnet bagi wisatawan daerah. Baik di Kaltim, Kaltara juga daerah sekitarnya,” tuturnya.

Sahmal mencontohkan, kegiatan pasar otomotif khususnya mobil yang digelar tiap akhir pekan di Jogjakarta. Kegiatan tersebut, sukses menyedot banyak pengunjung. Baik dalam dan luar daerah. “Saya sudah usulkan secara lisan di berbagai pertemuan bersama pihak-pihak terkait. Baru sebatas usulan, harapannya bisa terwujud,” paparnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept