Bontang

Raih Piala Adipura, Pasukan Kuning Ikut Bahagia, Dapat Bonus dan Insentif Naik

KEBAHAGIAAN atas raihan Piala Adipura periode 2017-2018 turut dirasakan petugas kebersihan alias Pasukan Kuning di lingkungan Pemkot Bontang. Lantaran, mereka mendapat kucuran bonus masing-masing senilai Rp 1 juta. Pun begitu, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menaikkan insentif mereka sebesar 10 persen.

Bonus dan kenaikan insentif ini bukan hanya diperuntukkan Pasukan Kuning di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang saja. Pasukan Hijau atau petugas taman di bawah naungan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Bontang juga ikut merasakannya.

“Memang setiap tahun kami memberi kenaikan insentif maupun bonus. Intinya mereka tetap menjaga kebersihan,” ujar Neni.

Bonus dan kenaikan insentif ini pun mendapat apresiasi dari Pasukan Kuning. Salah satunya Siti Rahbiyah (51), warga Loktuan yang sehari-harinya menyapu jalanan dari Rumah Jabatan Wali Kota Bontang hingga Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang. “(Bonus) saya syukuri, alhamdulillah. Gaji (insentif, Red.) juga naik, 10 persen katanya,” ujar Siti.

Karena itu, perempuan yang bekerja dari pagi hingga senja ini ikut senang dengan keberhasilan Bontang meraih adipura. Karena dirinya dan juga rekan-rekannya di Pasukan Kuning mendapat tambahan penghasilan walaupun sedikit.

Kebahagiaan yang sama diungkapkan Arniah, anggota Pasukan Kuning lainnya. Ia bersyukur dengan peningkatan pendapatan tersebut. Kepada media, Arniah mengaku memperoleh gaji sebelumnya sejumlah Rp 73.500 per harinya. Jika dikalkulasi maka tiap bulan upah Rp 2.205.000 dikantunginya.

Dengan tambahan penghasilan ini maka perempuan yang bertugas di area Jalan S Parman ini memperoleh Rp 2.425.500. “Harapannya ke depan Bontang dapat mempertahankan Piala Adipura. Sehingga pasukan kuning kembali mendapat bonus dan kenaikan gaji,” kata Arniah.

Informasi yang dihimpun, terdapat total 247 orang anggota Pasukan Kuning di bawah DLH Bontang. Sementara jumlah anggota Pasukan Hijau di bawah DPKPP Bontang sebanyak 185 orang. Para petugas kebersihan ini ikut dalam arak-arakan Piala Adipura, Selasa (15/1/2019) pagi. Dan berbaur dengan semua stakeholder dalam ramah tamah yang digelar di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota. (luk)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button