Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Advertorial

Bontang Barat Jalankan Gertak Berantas DBD, Bertahap Lakukan ke 53 RT

BONTANG – Upaya Kecamatan Bontang Barat menggalakkan gerakan serentak (Gertak) berantas demam berdarah dengue (DBD) mendapat dukungan penuh dari Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang.
Rabu (16/1), bidang Pemberdayaan Masyarakat (PKM) Kecamatan Bontang Barat bersama perwakilan Puskesmas Bontang Barat melakukan fogging, penyuluhan DBD, serta pembagian abate ke tiga tempat. Di antaranya RT 20 Kelurahan Gunung Telihan, SD 004 Gunung Telihan, dan RT 01 Kelurahaan Kanaan.

Hal itu diungkapkan Camat Bontang Barat Marthen. Ia mengatakan pihaknya akan terus berupaya memberantas DBD di 53 RT di wilayah Kecamatan Bontang Barat. Terlebih mengutamakan tempat-tempat atau wilayah yang pernah memiliki kasus demam berdarah.

“Tentu itu menjadi strategi dari Diskes. Silakan saja teknisnya seperti apa, saya mendukung. Makin cepat makin bagus, walaupun dilakukan secara bertahap ke beberapa RT dulu,” ucapnya.

Marthen pun mengimbau seluruh warga untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Paling tidak menjaga kebersihan di lingkungan rumahnya masing-masing. Serta rutin menggiatkan kerja bakti pada program Jumat Bersih,” tambah dia.

Sementara itu, Sukarti Staf PKM Bontang Barat menjelaskan upaya Gertak ini akan dilakukan secara bertahap di 11 RT lainnya di Kanaan, 28 RT lagi di Kelurahan Gunung Telihan, dan 51 RT di Belimbing.
Ia menambahkan, sampah botol plastik, ban bekas, kandang unggas, hingga parit pampat menjadi pemicu utama jentik nyamuk bertelur pada genangan air.

“Warga paling tidak menjaga kebersihan di rumah masing-masing. Kalau program Jumat Bersih tidak diterapkan dengan baik,” harap dia. (ra/adv)

Tags

Related Articles

Comment

Back to top button