Bandara Tutup, Pesawat Gagal Mendarat di APT Pranoto

BANDARA APT Pranoto Samarinda mesti terus berbenah dan menggeliat. Rute-rute baru dibuka. Sayangnya, geliat perkembangan bandara dengan runway sepanjang 2.250 meter itu terganggu dengan lampu lintasan pesawat. Ditambah cuaca buruk yang acap melanda ibu kota Kaltim dan sekitarnya, beberapa penerbangan mengalami hambatan.

Senin (14/1), cuaca buruk juga melanda Kota Tepian. Dampaknya, dua burung besi milik Garuda Indonesia dan Batik Air tak bisa mendarat tepat waktu di APT Pranoto. Keduanya harus divert ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Kejadian serupa kembali terjadi Rabu (16/1). Pesawat Boeing 737-900ER dengan nomor register PK-LPY milik Lion Air dengan nomor penerbangan JT666, rute Surabaya-Samarinda, seharusnya tiba pukul 17.15 Wita. Pesawat yang dijadwalkan berangkat pukul 14.45 WIB, disebut Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Dodi Dharma Cahyadi, memang sempat mengalami delayed. “Cuaca di sana (Surabaya) sedang hujan deras. Keterlambatan sekitar 30 menit,” ujarnya.

Awan tebal menggantung di langit ibu kota Kaltim sejak siang. Disebut Dodi, hal itu tentu memengaruhi jarak pandang pilot. “Karena pesawat yang datang itu menggunakan penglihatan manual, artinya benar-benar pilot harus jeli,” sebut Dodi.

Menurutnya, faktor belum adanya lampu runway, jadi masalah utama dalam penerbangan malam. “Intinya saya harus cerewet, ini kan bicara keselamatan,” tegasnya. Namun, faktor lain yang membuat pesawat tujuan Samarinda itu terpaksa divert (pengalihan) ke Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan, pukul 18.00 Wita, karena APT Pranoto sudah tak beroperasi jam segitu.

“Atas petunjuk petugas air traffic control (ATC). Karena memang sudah tidak memungkinkan untuk memaksakan mendarat,” tegas Dodi yang mengaku sedang berada di Jakarta.

Dodi kembali menegaskan, masalah lampu runway adalah hal paling mendesak saat ini. Hari ini, Dodi juga memaparkan ke jajaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub), perihal masalah tiga pesawat yang sempat divert ke Balikpapan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept