Kosmetik Ilegal Dijual Mahal, Omzet Rp 100 Juta Per Bulan

BALIKPAPAN–Nurliah (26) hanya bisa menunduk. Perempuan berkulit putih itu tiba-tiba sesegukan. Menangis saat ditanya perihal usaha ilegal yang sudah dijalaninya selama lima tahun terakhir. Sebelum ditangkap Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter), Satuan Reskrim, Polres Balikpapan, Selasa (15/1), di salon miliknya di Jalan Sultan Hasanuddin, RT 37, Baru Tengah, Balikpapan Barat.

Tak hanya Nurliah. Ada Umi Hani (26) dan Eriena Greena Emerelda (25) yang juga terdiam dengan mata memerah menahan tangis. Meski ditutupi masker, dari wajah yang terlihat, ketiganya tampak sebagai perempuan cantik dengan tubuh berkulit putih terawat. Kontras dengan baju tahanan oranye yang dikenakan.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta menyatakan mereka tersangka. Ditangkap lantaran menjadi produsen kosmetik ilegal. Berawal pada Senin (14/1). Saat itu, Satreskrim mendapat laporan soal perdagangan obat kosmetik yang diduga tak memiliki izin edar. Juga tak memiliki izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Penyelidikan dilakukan sekira pukul 14.00 Wita.

“Sasaran pertama tersangka berinisial UM (Umi Hani),” kata Wiwin, Kamis (17/1).

Umi Hani merupakan pemilik salon. Memiliki dua lokasi penjualan. Yakni di Jalan Syarifuddin Yoes, Perum Pelangi Residence, Blok H, No 06, Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan. Juga di Jalan Gunung Binjai, No 04, RT 13, Teritip, Balikpapan Timur. Umi memiliki produk berlabel HS. Bahan kosmetik dibeli melalui electronic commerce atau e-commerce.

“Lalu oleh tersangka dikemas kembali dengan label miliknya. Seolah diproduksi sendiri,” ujar Wiwin.

Sayangnya, label produk belum memiliki izin. Baik izin edar dari BPOM. Dari pantauan media ini, semua produk HS hanya menampilkan merek dan kegunaan kosmetik. Ada berbagai jenis produk yang dijual. Dari lulur, krim pencerah wajah, obat jerawat, obat penggemuk, dan obat pelangsing. (lihat grafis)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept