Aksi Empat Sekawan

Presiden Donald Trump membalas. Kirim surat ke Ketua DPR. Isinya: membatalkan kunjungan Ketua DPR ke Belgia, Afganistan, dan Mesir. Alasannya: tidak ada biaya untuk menerbangkan pesawat angkatan udara.

Lebih baik, tulis surat itu, Ketua DPR tetap di Washington. Di hari-hari kritis begini. Untuk rapat dengannya. Membahas jalan keluar kebuntuan saat ini. Yang mengakibatkan pemerintahan tutup di banyak sektor.

“Tapi kalau Anda mau pergi menggunakan pesawat komersial, itu hak Anda,” tulis surat tersebut.
Sebenarnya biaya untuk pengoperasian pesawat angkatan udara dikecualikan. Biar pun pemerintahan ditutup di banyak bidang. Anggaran untuk angkatan udara tetap boleh digunakan.

Jelas sekali. Surat itu sebagai serangan balasan. Setelah Nancy Pelosi, Ketua DPR, kirim surat ke Trump. Yang isinya pembatalan undangan pidato tahunan State of the Union. Yang mestinya dipidatokan Trump tanggal 29 Januari depan. Di depan rapat gabungan DPR dan DPD.
Alasan Pelosi: tidak ada anggaran pengamanan presiden. Akibat penutupan sebagian pemerintahan sekarang ini.

Kedatangan presiden ke DPR seperti itu memerlukan biaya pengamanan yang besar. Yang dana pengamanan seperti itu termasuk tidak boleh cair. Selama pemerintahan tutup.

Baca Juga

Gema Mendunia

AI di Ngawi

Memang ada yang mempersoalkan. Apakah Ketua DPR punya wewenang mengirim surat seperti itu. DPR adalah lembaga rakyat. Ketua DPR tidak otomatis mewakili suara DPR. Di Amerika sebutannya pun bukan ketua. Melainkan Speaker of the House. Saya saja yang menuliskannya ‘ketua’. Untuk memudahkan pembaca Indonesia.

Tapi Pelosi bisa saja berdalih. Kalau pun harus lebih dulu disidangkan hasilnya akan sama. Kan fraksi Demokrat menguasai DPR.

Akan sama seperti hasil pembahasan tentang jilbab awal bulan tadi. Tidak sampai satu hari sudah diputus: Ilhan Omar boleh pakai jilbab. Saat bersidang di DPR.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept