Penderita Mag, Hindari Konsumsi 4 Makanan ini

Sakit mag atau dalam bahasa medis dikenal dengan dispepsia diartikan sebagai rasa nyeri atau tidak nyaman di sekitar area ulu hati. Nyeri ulu hati memang sering kali menjadi gejala utama dari sakit mag. Tidak jarang, keluhan nyeri ulu hati tersebut bisa mengganggu aktivitas seharian.

Ada beberapa gejala lain yang bisa dirasakan seseorang yang mengalami mag, yaitu mual, muntah, perut kembung, mudah kenyang, nafsu makan berkurang, hingga sering berserdawa. Karena itu, bisa disimpulkan bahwa dispepsia terdiri dari kumpulan gejala. Kumpulan gejala ini sering dihubungkan dengan adanya masalah di organ lambung.

Sakit mag umumnya terjadi akibat adanya infeksi pada lambung atau produksi asam lambung berlebihan. Dalam proses perjalanannya, penyakit mag bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat mengakibatkan dinding lambung mengalami peradangan hingga membentuk luka. Luka inilah yang umumnya menimbulkan keluhan nyeri pada ulu hati Anda.

Sementara itu, produksi asam lambung berlebihan dapat dipicu oleh beberapa faktor. Yaitu, stres, pola makan tidak teratur, penggunaan obat-obatan tertentu, serta konsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung.

Dengan demikian, penting bagi Anda untuk tahu beberapa makanan yang seharusnya dihindari agar tidak memperburuk kondisi sakit mag Anda. Simak penjelasannya berikut.

1. Makanan yang meningkatkan asam lambung

Selain penggunaan obat mag, produksi asam lambung yang berlebihan harus dicegah dengan menghindari makanan-makanan pencetusnya. Beberapa makanan yang memicu produksi asam lambung berlebih, di antaranya buah jeruk, lemon, tomat, dan makanan yang bersifat asam lainnya.

2. Makanan yang merusak dinding lambung

Beberapa makanan bisa bersifat iritan bagi lambung, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Kondisi tersebut berpotensi merusak dinding lambung. Beberapa makanan yang dapat merusak dinding lambung, yaitu makanan pedas, cuka, merica, dan makanan yang bersifat asam.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept