Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Ragam

5 Makanan Mentah yang Harus Dihindari Ibu Hamil, Apa Saja?

Saat hamil, Anda harus betul-betul memperhatikan kondisi kehamilan agar janin tetap sehat hingga saatnya bayi lahir.

Saat ini ada semakin banyak orang yang lebih senang makan makanan mentah untuk memastikan nutrisinya tak hilang akibat proses pemasakan. Namun, pada ibu hamil, mengonsumsi makanan mentah lebih baik dihindari. Ini karena terdapat risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan.

Ibu hamil harus menjaga kesehatannya dan janin dalam kandungan. Artinya, ibu hamil harus mematuhi segala pantangan yang diberikan dokter. Nah, berikut ini adalah jenis makanan mentah yang harus dihindari ibu hamil.

1. Sayuran mentah

Sayuran mentah sebetulnya hingga kini masih menjadi perdebatan—apakah bisa dimakan mentah atau tidak oleh ibu hamil. Menurut dr. Nabiela Viera Yovita dari KlikDokter sayuran mentah (salad atau lalapan), jangan sampai dikonsumsi ibu hamil. Meski sudah dicuci bersih, pestisida yang mungkin menempel bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.

2. Ikan mentah

Sajian ikan mentah biasanya dalam bentuk sushi, sashimi, atau makanan kekinian poke bowl. Berdasarkan penjelasan dari dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, ikan mentah, terutama kerang, dapat menimbulkan beberapa jenis infeksi.

Infeksi ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit, seperti norovirus, kolera, salmonela, dan listeria.

Pada ibu hamil, infeksinya dapat mengakibatkan mual, muntah, serta diare, sehingga ibu hamil menjadi lemah akibat dehidrasi.

“Bakteri seperti listeria pada ikan mentah juga dapat masuk ke janin melalui plasenta, sehingga dapat menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, bayi meninggal dalam kandungan, dan masalah kesehatan lainnya,” jelas dr. Reza.

The American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada tahun 2017 mempertegas larangan mengonsumsi ikan mentah untuk ibu hamil, wanita yang sedang merencanakan kehamilan, dan ibu menyusui. Larangan ini didasari atas kekhawatiran bahwa ikan mentah berisiko mengandung parasit yang membahayakan kesehatan, apalagi jika daya tahan tubuh ibu hamil rendah.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button