Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Ragam

5 Makanan Mentah yang Harus Dihindari Ibu Hamil, Apa Saja?

Turut ditambahkan oleh dr. Resthie Rachmanta Putri, MEpid, dari KlikDokter, bahwa ibu hamil juga harus berhati-hati dengan kandungan merkuri dalam ikan.

“Kabar baiknya, tak semua ikan memiliki merkuri tinggi. Ikan yang sebaiknya dihindari adalah hiu, makarel raja, pedang, dan tuna sirip. Sebaliknya, ikan laut yang rendah merkuri adalah tuna dan salmon,” kata dr. Resthie.

3. Daging mentah

Untuk yang satu ini, dr. Reza menyebut bahwa konsumsi daging mentah berkaitan dengan parasit toksoplasma. Jika sampai masuk ke tubuh ibu hamil lewat konsumsi daging mentah atau daging yang kurang matang, nantinya akan menyebar ke janin melalui plasenta.

“Hal ini dapat menyebabkan berbagai kelainan pada janin seperti kelainan pada sistem saraf dan mata,” kata dr. Reza singkat.

4. Telur mentah

Lembaga American Pregnancy Association menekankan bahwa salah satu makanan yang patut dihindari ibu hamil adalah telur mentah. Sebab, telur mentah dapat mengandung bakteri salmonela yang bisa berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Bahkan, dijelaskan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter, meski telur mentah sudah diolah menjadi saus, misalnya mayones, dressing salad, saus pasta, krim custard, atau saus hollandaise, tetap tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

“Meski sudah diolah sedemikian rupa, telur tersebut tidak melalui proses pasteurisasi sehingga belum bisa dikatakan steril dari bakteri,” jelas dr. Sara.

Menurutnya, memanaskan olahan telur mentah dengan menggunakan microwave sepertinya tak akan membunuh bakteri karena suhunya tidak maksimal. Apalagi jika telur mentah hanya dituang ke atas makanan yang panas.

Perlu Anda ingat, suhu minimum untuk membunuh bakteri di dalam telur adalah 71 derajat Celcius. Beda halnya jika Anda menggoreng atau merebus telur hingga benar-benar matang dan terlihat oleh mata. Kemungkinan besar, bakteri dalam telur yang direbus atau digoreng itu sudah mati dan lebih aman untuk dikonsumsi.

Laman sebelumnya 1 2 3Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button