5 Makanan Mentah yang Harus Dihindari Ibu Hamil, Apa Saja?

5. Susu mentah

Supaya aman untuk dikonsumsi, susu harus melalui proses pasteurisasi atau dengan pemanasan ultraviolet demi membunuh bakteri di dalamnya. Jika tidak, susu akan rentan disusupi bakteri seperti listeria, salmonella, E. Coli, Campylobacter, bahkan Micobacterium bovis. Bakteri-bakteri tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, baik pada ibu maupun janin.

“Salah satu masalah kesehatan yang paling ditakutkan adalah tuberkulosis usus akibat bakteri Micobacterium bovis yang terkandung dalam susu mentah,” ungkap dr. Reza.

Selain itu, dr. Sara turut menambahkan, bahwa pada dasarnya semua makanan mentah yang belum melaui proses pasteurisasi, seperti soft cheese atau keju lunak seperti keju feta, sebaiknya dihindari ibu hamil.

“Ini karena terdapat potensi adanya bakteri yang bisa menyebabkan bayi terlahir prematur, diare, muntah, dan kontraksi rahim,” katanya.

Agar kesehatan ibu hamil dan janin senantiasa terjaga, untuk sementara waktu hindarilah konsumsi makanan jenis-jenis makanan mentah yang disebutkan di atas. Pastikan daging, ikan, dan telur yang dikonsumsi matang sempurna, dan konsumsilah susu yang sudah melewati proses pasteurisasi. Selain itu, pastikan untuk memenuhi asupan nutrisi kehamilan seperti yang dianjurkan dokter.(RN/ RVS/klikdokter)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept