11 Februari Hari Lambang Negara Indonesia, Sultan Hamid II Disebut Layak Jadi Pahlawan Nasional

Tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Bahwa hari lambang negara Indonesia jatuh pada 11 Februari 1950.

Ketua Yayasan Sultan Hamid II, Anshari Dimyati menjelaskan ditetapkannya lambang negara elang rajawali Garuda Pancasila yang dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak sebagai menteri di era Republik Indonesia Serikat. Pada era perdana menteri Moh Hatta tahun 1949 – 1950.

“Bahwa setelah Indonesia memenuhi kedaulatan secara penuh tahun 1949, diketahui oleh kita bersama di tahun 1945 setelah kemerdekaan sampai 1949, Indonesia tidak memiliki lambang negara,” jelas Anshari, Senin (11/2).

Anshari menyebutkan, sampailah pada 1949. Setelah perundingan Konferensi Meja Bundar (KMB), Indonesia berdaulat penuh. Maka selanjutnya Sultan Hamid II yang mewakili Majelis Permusyawaratan Federal. Terlibat aktif secara penuh di dalam proses pembentukan negara Federal atau Serikat.

Selain sebagai perwakilan hingga diserahkanlah kedaulatan, Sultan Hamid II juga terlibat aktif dalam merancang konstitusi Republik Indonesia Serikat (konstitusi sementara) 1949. Dalam pasal 3 ayat 3 Konstitusi RIS 49, dinyatakan bahwa pemerintah menetapkan lambang negara. “Di situ Indonesia dalam kontitusinya memiliki amanah bahwa pemerintah harus menetapkan lambang negara atau harus ada lambang negara,” ujar Anshari.

Dari itu, Presiden Soekarno menunjuk Sultan Hamid II yang menjabat sebagai menteri negara tersebut untuk menjadi koordinator tim perumusan lambang negara pada 1950. Dalam sidang kabinet pada 10 Januari 1950, dibentuklah sebuah panitia teknis. Dengan nama Panitia Lencana Negara. Di bawah koordinasi Sultan Hamid II. “Panitia ini bertugas menyeleksi atau menilai usulan rancangan lambang negara untuk dipilih dan diajukan ke pemerintah,” jelasnya.

Di sini Muhammad Yamin menjadi ketua panitia. Sementara anggotanya adalah Ki Hajar Dewantoro, M. A. Pellaupessy, Mohammad Natsir dan Purbatjaraka.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept