Antisipasi Terkena DBD, Kenali Sarang Nyamuk di Rumah

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprediksi bulan ini kasus demam berdarah dengue (DBD) tetap tinggi. Pemicunya adalah sanitasi yang buruk saat curah hujan tinggi. Telur nyamuk Aedes aegypti memang cepat berkembang pada musim hujan. Karena itu, pemberantasan sarang nyamuk (PSN) harus digiatkan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Tular Vektor dan Zoonosis Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengingatkan, masyarakat perlu tahu di mana saja tempat bisa menjadi sarang nyamuk. “Ada banyak sarang nyamuk yang harus dikenali, terutama di rumah kita. Masyarakat harus mengetahuinya agar tidak salah sasaran dalam memberantas sarang nyamuk,” katanya.

Tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk di rumah adalah bak kamar mandi dan toilet, tempat penampungan air, air jebakan semut, air pembuangan kulkas, tempat minum burung, hingga air bekas dispenser.

Menurut dia, tempat-tempat itu sangat berpotensi menjadi sarang nyamuk. Masyarakat diimbau untuk tidak membiarkan air tergenang di tempat-tempat tersebut. “Bak mandi harus lebih sering dikuras agar tidak ada jentik nyamuk. Ada jentik berarti kita terancam demam berdarah,” ucapnya.

Satu jentik betina, lanjut dia, dalam 12-14 hari akan berubah menjadi nyamuk dewasa. Satu nyamuk betina dewasa sekali bertelur menghasilkan 100-150 butir telur. Dalam sebulan, nyamuk bisa bertelur sekitar empat kali. Jadi, dalam sebulan, nyamuk bisa menghasilkan 400-600 butir telur. Telur nyamuk bisa bertahan atau tidak menetas selama enam bulan karena tidak menyentuh air. Hujan, menurut dia, mampu mempercepat menetasnya telur nyamuk.

Kepala Bidang Manajemen Observasi Meteorologi Penerbangan BMKG Hary Tirto Djamiko mengatakan, tahun ini sebagian wilayah Indonesia memiliki curah hujan lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu. Khususnya pada periode Januari dan Februari. Dia mengakui, tingginya kasus DBD belakangan ini ikut dipengaruhi curah hujan yang tinggi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept