Hore! 32 Ribu Pelajar Bakal Dapat Perlengkapan Sekolah Gratis

BONTANG–Pelajar di Bontang segera mendapatkan bantuan perlengkapan sekolah gratis. Mulai tas, seragam, hingga sepatu. Itu kembali diprogramkan Pemkot Bontang pada 2019.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang Usman mengatakan, sekira 32 ribu pelajar berhak memperoleh bantuan tersebut. Baik pelajar di tingkat sekolah dasar maupun sekolah menengah atas atau sederajat.

Rencananya, program ini dilelang bulan ini. Dengan total anggaran Rp 20 miliar melalui APBD Bontang. Agar bisa dibagikan pada saat tahun ajaran baru nanti.

“Februari ini kami lelang. Tetapi ada sedikit kendala di beberapa item terkait ukuran penerima bantuan,” kata Usman.

Bantuan tersebut dilelang sebelum tahun ajaran berganti. Akibatnya, siswa baru nantinya belum diketahui ukurannya. Terutama menyangkut bantuan seragam dan sepatu. “Karena kami tidak bisa meramal. Sebab itu kami masih cari formulanya seperti apa yang terbaik,” tuturnya.

Terkait bantuan seragam, disebut sudah melalui mekanisme uji laboratorium. Usman mengatakan, hasil uji laboratorium akan keluar paling lambat pekan depan.

Sementara untuk jenis tas, ada sedikit perubahan dibandingkan model sebelumnya. Meskipun warna hitam dan kuning tetap mendominasi. Terjadi pertukaran posisi, sebelumnya warna kuning menghiasi bagian depan tas. Nantinya, bergeser di bagian samping tas.

Selain itu, desain lama hanya mencantumkan logo Pemkot Bontang dengan misi pemerintahan, yakni smart, green, dan creative city. Ke depan, bakal ditambah dengan slogan Bontang juara, aktif, global, optimis (JAGO). “Berubah desain sedikit saja,” singkatnya.

Di samping itu, pelajar juga bakal mendapatkan jenis bantuan baru yakni buku tulis. Tiap pelajar memperoleh satu pak yang berisi 10 buku. Bagian sampul buku ini mencantumkan visi dan misi Pemkot Bontang.

Untuk diketahui, tahun lalu Pemkot Bontang memprogramkan bantuan serupa. Namun, urung dilaksanakan karena terkendala regulasi. (ak/dwi/k8/prokal)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept