Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Nasional

Ramai Politisasi Agama, Muhammadiyah Serukan Beragama dan Berpolitik yang Mencerahkan

JAKARTA – Politisasi agama cukup masif menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 17 April mendatang. Hoaks terkait agama meluas di media sosial. Aksi saling hujat menghiasai dunia maya. Muhammadiyah memberikan perhatian serius terhadap persoalan. Masyarakat diajak beragama dan berpolitik yang mencerahkan.

Seruan itu disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat pembukaan Sidang Tanwir Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Bengkulu kemarin (15/2). Menurut dia, dalam sidang tanwir kali ini, pihaknya mengangkat tema beragama yang mencerahkan. Tema itu berdasarkan pertimbangan bahwa Muhammadiyah dituntut untuk menyebarkan praktik-praktik yang mencerahkan agar umat Islam selalu cerah dalam pikiran dan tindakan. “Berdasarkan ajaran Islam yang bersumber dari Alquran,” terang dia.

Tokoh kelahiran Bandung itu menyatakan, dalam kehidupan sehari-hari masih banyak banyak pengamalan agama yang belum mencerahkan. Misalnya, sikap ekstrim, intoleransi, penyebaran hoaks, dan politisasi agama. Selain itu ada pula ajaran-ajaran yang buruk, seperti kebencian, dan permusuhan. Padahal, kata dia, Islam mengajarkan rahmatan lilalamin.

Haedar menyatakan, Muhammadiyah ingin mengembalikan keutuhan Islam yang mencerahkan. Dari kegelapan menjadi bercahayakan nilai-nilai ilahi. Pencerahan yang diajarkan Islam melekat dengan kerisalahan Muhammad sebagai nabi dan rasul letika menerima wahyu pertama, iqra.

Menurut dia, iqra bukan hanya membaca secara verbal tetapi juga membaca ayat-ayat kauniah, sehingga manusia memiliki budi yang utama dan baik. Iqra mengajarkan setiap muslim untuk memiliki kacamata bayani, burhani dan irfani. “Menjadi manusia-manusia yang baik dan unggul,” terangnya.

Islam mengajarkan kemuliaan akal budi. Jika akal budi dipraktikan dalam sikap dan tindakan, maka akan memancarkan rahmat bagi semesta alam. Muslim yang mencerahkan tidak akan mudah menyebar marah bagi lingkungan dan alam semesta. Bahkan muslim yang tercerahkan akan menggelorakan amal saleh.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button