Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Advertorial

Kerja Bakti dan Penerapan 4M+ Solusi Berantas DBD di Kelurahan Api-Api

BONTANG – Tercatat sebanyak 13 pasien di Kelurahan Api-Api diduga terjangkit (suspect) demam berdarah dengue (DBD) selama kurun dua bulan terakhir (Januari-Februari). Hal itulah yang mendasari dilakukannya fogging dan pembagian bubuk abate, Sabtu (16/2/2019) pagi tadi.

Langkah ini sebagai salah satu upaya pihak Kelurahan Api-Api bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang dan PT Kaltim Parna Industri (PT KPI) dalam memberantas DBD. Sebanyak 11 RT menjadi prioritas utama penyemprotan fogging, di antaranya RT 04, 05, 10, 12, 17, 18, 21, 27, 29, 35, dan RT 41.

Lurah Api-Api, Andiga Mufti Kuswardani menjelaskan selain terus menyosialisasikan gerakan berantas DBD di wilayahnya, fogging dan pemberian bubuk abate menjadi upaya lain mengurangi jentik atau nyamuk aedes aegypti dewasa berkembang biak. Serta penerapan 4M+ yaitu menutup, menguras, mendaur ulang, memantau atau membunuh jentik, dan menghindari gigitan nyamuk.

“Selain sosialisasi di beberapa RT juga dilakukan penyuluhan kepada anggota PKK yang tersebar di seluruh RT. Alhamdulillah, kali ini mendapat bantuan dari PT KPI untuk penyemprotan fogging ke RT-RT mewabah,” terangnya.

Mengingat wilayah Api-Api dilewati aliran sungai, serta tidak maksimalnya fungsi drainase di beberapa titik menjadi penyebab meningkatnya kasus DBD di 11 RT tersebut. Maka ia mengajak warganya untuk meningkatkan kebersihan dengan melakukan kerja bakti, membersihkan sampah maupun genangan air yang menjadi tempat bersarangnya jentik nyamuk. Ovitrap pun menjadi solusi lain untuk mengurangi jumlah nyamuk agar tidak berkembang biak.

“Karena ini musim hujan, kerja bakti harus dilakukan seminggu sekali. Tidak hanya di 11 RT namun diterapkan juga di 31 RT lainnya. Selain itu, kader PKK Kelurahan Api-Api kami ajak membuat ovitrap untuk diterapkan di RT-nya masing-masing,” harap Andiga.

Tentunya bersama Pemkot Bontang melalui Diskes Bontang, PT KPI akan terus mendukung penuh kegiatan pemberantasan demam berdarah di kota Bontang, khususnya di wilayah Kelurahan Api-Api. Hal ini dibenarkan Manager HRD & GA PT KPI, Akhmad Suryo Puguh S. Ia berharap fogging dan pemberian abate dapat memutus rantai DBD yang ada di Bontang.

“Program ini sejalan dengan program CSR kami di bidang kesehatan. Maka menjadi perhatian khusus bagi PT KPI untuk membantu masyarakat Bontang, terutama 11 RT di Api-Api melalui penyemprotan fogging. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan berkelanjutan untuk membantu masyarakat Bontang,” harap Puguh. (ra/adv)

Tags

Related Articles

Comment

Back to top button