Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Ragam

Suplemen Minyak Ikan Ternyata Bisa Memangkas Risiko Serangan Jantung

Kabar gembira dari dunia kedokteran. Sebuah temuan terbaru menunjukkan bahwa obat atau suplemen dari minyak ikan bisa mengurangi kemungkinan serangan jantung atau stroke pada pasien yang berisiko tinggi meskipun mereka sedang menggunakan terapi statin.

Obat yang mengandung dosis tinggi asam lemak omega-3 EPA ini mampu mengurangi risiko kematian akibat penyebab kardiovaskular, serangan jantung dan stroke sebesar 25 persen.

Dan obat ini juga mampu mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh statin penurun kolesterol, menurut penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine.

“Saya pikir kita telah menemukan kelas obat baru,” kata Dr. Deepak Bhatt, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School dan direktur eksekutif program kardiovaskular intervensi di Brigham and Women’s Hospital di Boston, seperti dilansir laman NBC, Rabu (13/2).

“Sejujurnya, saya pikir itu sama menariknya dengan era statin, ketika statin pertama kali tersedia dan kami belajar tentang semua hal yang bisa statin lakukan. Saya melihat ini sebagai terobosan yang sama,” jelas Bhatt.

Obat, yang secara resmi bernama icosapent ethyl ini mengandung bentuk EPA yang murni dan stabil.

Suplemen minyak ikan over-the-counter mengandung beberapa EPA bersama dengan omega-3 lainnya, tetapi dalam dosis yang jauh lebih rendah dari obat resep.

Bhatt, penulis utama studi ini, menekankan fakta bahwa etil icosapent berbeda secara signifikan dari suplemen minyak ikan OTC.

“Apa yang kami pelajari disini bukanlah suplemen yang tidak diatur secara bebas. Ini adalah obat resep dan sangat berbeda dari suplemen biasa,” tambah Bhatt.

“Memang benar obat ini berasal dari sumber laut, tetapi sangat dimurnikan melalui proses kimia yang rumit dan itu adalah obat resep,” kata Bhatt.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button