Ragam

Ini 4 Manfaat Timun yang Tak Boleh Disepelekan, Bisa Dicoba!

Timun memang salah satu buah yang mudah dipasangkan dengan makanan lainnya. Anda bisa menambahkannya ke dalam nasi goreng, salad, sandwich, atau bahkan infused water. Di balik itu, timun termasuk makanan yang sangat kaya serat, berkalori rendah, dan bagus untuk kulit.

Tak sedikit wanita yang menggunakan timun sebagai produk alami kecantikan dan kesehatan kulit. Dan timun termasuk aman untuk kulit.

“Pada dasarnya produk alami yang diracik sendiri, menggunakan bahan-bahan alam yang segar sifatnya baik dan relatif bebas efek samping. Anda tentu saja diperbolehkan menggunakan masker timun tanpa campuran apa pun. Begitu pula untuk kulit sensitif, umumnya masker buatan sendiri cenderung aman. Meski begitu, reaksi setiap kulit sulit untuk ditebak,“ kata dr. Atika dari KlikDokter.

Apa lagi manfaat timun selain untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Dilansir Healthlinedan Medical News Today, Anda bisa mendapatkan khasiat berikut dari buah berwarna hijau dengan bentuk panjang lonjong ini:

1. Menjaga kesehatan jantung

The American Heart Association (AHA) menyarankan Anda untuk mengonsumsi lebih banyak serat. Serat dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol yang berhubungan dengan masalah kardiovaskular. Di samping serat, timun juga tinggi kalium dan magnesium. Peningkatan asupan kalium dalam pola makan sehari-hari dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, yang juga berhubungan dengan kesehatan jantung.

2. Menguatkan tulang

Timun sangat kaya akan vitamin K. Asupan vitamin K yang cukup telah dikaitkan dengan tulang yang sehat dan tidak mudah patah. The Office of Dietary Supplements (ODS) merekomendasikan wanita 19 tahun ke atas untuk mengonsumsi 90 mcg vitamin K setiap hari, dan pria 120 mcg.

3. Mengontrol kadar gula darah

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa timun dapat membantu mencegah dan mengendalikan diabetes. Hal ini karena beberapa jenis timun mengandung Cucurbia ficifiola yang dapat mengurangi lonjakan gula darah. Selain itu, timun memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, timun dapat memberikan nutrisi penting bagi tubuh tanpa menambah karbohidrat yang meningkatkan gula darah.

4. Menurunkan berat badan

Timun juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Buah ini mengandung kalori yang rendah. Untuk satu timun (atau mentimun) seberat 104 gram, biasanya mengandung 16 kalori. Sedangkan, timun seberat 300 gram hanya mengandung 45 kalori.

Jadi Anda tak perlu takut gemuk dengan makan timun.  Untuk memaksimalkan manfaat timun, sebaiknya Anda mengonsumsi timun tanpa dikupas. Sebab jika Anda mengupasnya, hal tersebut dapat mengurangi jumlah serat serta vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Imbangi asupan timun dengan makanan lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan Selain itu, lakukan juga pola hidup sehat lainnya seperti olahraga teratur minimal tiga kali dalam seminggu, menghindari kebiasaan buruk seperti terlalu banyak duduk dan merokok, serta membatasi minum minuman beralkohol.(RS/RVS/klikdokter/jpnn)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button