Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Nasional

Melihat Penampilan Para Capres saat Debat: Jokowi Kaya Data, Prabowo Lebih Rileks

JAKARTA – Debat pilpres edisi kedua berakhir semalam. Penampilan capres tampak lebih meyakinkan. Setidaknya, mereka terlihat lebih rileks bila dibandingkan dengan debat pertama. Itu terlihat dari gestur-gestur yang mereka tunjukkan selama debat berlangsung.

Dalam paparan visi dan misi, Prabowo menitikberatkan pada tiga hal. Yakni, energi, pangan, dan air. Menurut dia, dalam tiga hal tersebut, Indonesia harus mandiri dan berdikari. ’’Kita harus swasembada pangan, energi, dan air, agar kita bisa survive,’’ ujarnya.

Apalagi, tiga hal itu juga dijadikan tolok ukur PBB dalam menilai sebuah negara berhasil atau tidak. Prabowo pun menjanjikan sejumlah hal. ’’Kalau kami berkuasa, mendapat mandat dari rakyat, kami akan jamin pangan tersedia dengan harga terjangkau,’’ lanjutnya.

Langkah lain adalah menurunkan harga listrik dan menyediakan pupuk dengan jumlah berapa pun yang dibutuhkan. Dia mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Jokowi, tetapi menawarkan strategi yang lebih cepat.

Sementara itu, Jokowi menitikberatkan visinya pada energi, infrastruktur, dan pangan. ’’Kita ingin sebanyak-banyaknya mengurangi penggunaan energi fosil,’’ ujarnya. Seperti sebelumnya, dia menceritakan yang sudah dikerjakan selama memerintah. Salah satunya, produksi biodiesel dan biofuel B20 yang akan diteruskan hingga B100.

Di bidang infrastruktur, dia menceritakan pembangunan 191 ribu km jalan desa, 58 ribu unit irigasi, dan sejumlah pembangunan lain. Dalam hal pangan, Jokowi membanggakan keberhasilannya mengurangi impor jagung.

Fokus itu pula yang tampak saat kedua paslon mendapatkan berbagai pertanyaan dari para panelis. Misalnya, saat ditanya mengenai infrastruktur, dia menjawab dengan sejumlah capaian di pemerintahannya. Misalnya, pembangunan jalan tol, pelabuhan, hingga bandara. Sebagai bagian dari upaya mempercepat konektivitas antardaerah.

Salah satu yang dibanggakan Jokowi adalah pembangunan infrastruktur digital. ”Kita sudah bangun Palapa Ring. Indonesia Barat dan Tengah sudah 100 persen, Indonesia Timur 90 persen,” lanjutnya.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button