Bontang

Cuaca Ekstrem, Tiga Hektare Lahan di Bontang Lestari Terbakar

KEBAKARAN lahan kembali melanda Bontang Lestari, Bontang Selatan. Sabtu (16/2/2019), kebakaran melanda lahan di Jalan Soekarno Hatta, RT 01 Bontang Lestari sekira pukul 13.46 sampai 16.00 Wita. Diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai tiga hektare.

Diduga, cuaca ektrem ditambah angin bertiup kencang menyebabkan api berkobar. Walaupun penyebab kebakaran lahan ini masih diselidiki pihak berwajib. Perkiraan sementara, api berasal dari tengah lahan. Kemudian merambat ke pinggir jalan dan ke dalam hutan.

Tak ingin kebakaran meluas, dua unit armada petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang langsung bergerak ke lokasi. Namun kondisi akses menuju lahan yang tak beraturan, membuat petugas sempat kesulitan memadamkan api.

Lantaran medan lahan yang naik dan turun bukit, petugas terpaksa banyak mengulurkan selang. Dari siaran pers yang diterima BontangPost.id, selang yang diulurkan petugas mencapai delapan selang. Dengan ukuran masing-masing selang sepanjang 25 meter. Hingga akhirnya si jago merah berhasil dipadamkan sekira pukul 16.00 Wita.

Kebakaran ini menambah panjang daftar kebakaran lahan di awal 2019. Setelah sebelumnya pada Januari silam, tercatat telah terjadi empat kebakaran lahan yang ditangani Disdamkartan Bontang. Dengan tiga di antaranya terjadi kawasan Bontang Lestari.

Kebakaran lahan yang terjadi kerap menyusahkan petugas dalam pemadamannya. Lantaran akses yang sulit, sehingga kendaraan pemadam tidak dapat masuk jauh. Apalagi bila di sekitar lokasi kebakaran tidak didapati sumber air. Alhasil, petugas mesti memadamkan api secara manual menggunakan ranting. (luk)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button