Bontang

Harga Tiket Mencekik, Agen Tiket Merugi

Mahalnya harga tiket pesawat berimbas pada omzet agen tiket. Pendapatan hingga Rp 1 miliar saban bulannya kini merosot drastis hingga separuh.

Sulaiman, agen tiket PT Bontang Indah Wisata, mengatakan, saat ini belum ada perubahan harga signifikan. Rata-rata harga dibuka dengan Rp 1,2 juta untuk rute penerbangan Balikpapan menuju Surabaya. Padahal, sebelumnya masih terdapat harga sekira Rp 595 ribu. Sementara itu, Balikpapan-Jakarta masih dibuka dengan tarif Rp 1,7 juta. Sebelum ada kenaikan, harga tiket rute ini sekira Rp 1,4 juta.

“Sebagian maskapai belum menurunkan harga. Hanya satu maskapai yang sudah menurunkan harga tetapi jumlahnya tidak besar juga,” kata Sulaiman.

Belum lagi, seluruh maskapai mengubah regulasi terhadap agen. Seperti penghapusan pemberian insentif kepada agen. Dia mengaku, nominal pemberian insentif tiap maskapai berbeda. “Minimal sebelumnya mendapat Rp 5 ribu per tiket yang terjual,” papar Sulaiman.

Ditambah, jika target keuntungan yang ditetapkan maskapai tidak tercapai, maka bonus pun gagal didapatkan. Belum lagi pengisian saldo tiap maskapai pun tinggi.

“Keuntungan yang diberikan seluruh maskapai pun juga ikut turun. Ada yang dari 5 persen ke 3 persen, ada yang dari 3 persen menjadi 2 persen,” sebutnya.

Sementara itu, Octavia, karyawan Maharani Travel dan Tour, menyebut jumlah pembeli tiap harinya sangat fluktuatif. Diakuinya terjadi penurunan. “Jumlah pendapatan pastinya ikut berkurang,” kata Octavia.

Dia mengatakan, rata-rata yang membeli tiket ada kepentingan mendesak di daerah yang dituju. Seperti mengunjungi keluarga yang sakit maupun mengalami kedukaan.

Ditaksir, membeludaknya jumlah pembeli terjadi di libur Idulfitri nanti. Bahkan, pembeli sudah mulai ancang-ancang untuk memesan tiket lebih cepat. (ak/dwi/k8/prokal)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button