Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Nasional

261 Desa Gagal Dapat Dana Desa

Jakarta – Meski sudah berjalan tiga tahun, program dana desa masih belum berjalan sempurna. Dari aspek penyaluran saja, di tahun 2018 masih ada 261 desa yang gagal mengakses program yang menjadi andalan Pemerintahan Jokowi-JK tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, akibat gagalnya 261 desa mengakses dana desa, ada anggaran 140 miliar yang gagal tersalurkan. Imbasnya, secara keseluruhan, penyaluran dana desa belum mencapai 100 persen atau sekitar 99,77%. Meski tidak signifikan, dia berharap ke depannya bisa disempurnakan.

Sri menjelaskan, belum tersalurkannya dana ke 261 desa disebabkan adanya kendala pada persyaratan. “Itu karena ada kriteria. Kan kami transfer tidak hanya sekedar transfer,” ujarnya saat memberikan pengarahan pada Rakornas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa tahun 2019 di Ancol, Jakarta, kemarin (20/2).

Jika mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan No. 112/PMK.07/2017, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi pada masing-masing tahap. Di tahap pertama, syaratnya penyesuai dengan Perda APBD dan Perda tentang tatacara pembagian serta penetapan rincian dana desa, laporan realisasi dana tahun sebelumnya, serta laporan konsolidasi realisasi penyerapan dan capaian output tahun sebelumnya.

Kemudian syarat tahap kedua yaitu, laporan dana desa tahap pertama telah disalurkan ke RKD minimal 90 persen, laporan dana desa tahap pertama telah diserap oleh desa rata-rata minimal 75 persen, serta rata-rata capaian output minimal 50 persen. Jika persyaratan penyaluran tidak atau kurang terpenuhi maka dana desa tidak dapat disalurkan

Sri berharap, di tahun 2019, penyaluran bisa lebih baik. Pasalnya, dana tersebut sangat dibutuhkan dalam pembangunan desa. Mulai dari pembangunan jalan desa, posyandu, jembatan, BUMDes dan sebagainya. Berbagai sarana itu dibutuhkan dalam peningkatan ekonomi desa.

“Sehingga jumlah kemiskinan di desa dan pemerataan makin baik. Kita juga melihat dari sisi gini rasio juga semakin menurun,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button