Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Bontang

Fogging Kurang Efektif Atasi DBD, Dinas Kesehatan Tegaskan Pentingnya PSN

ANGKA kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bontang mengalami peningkatan secara signifikan di awal 2019. Baru dua bulan saja, jumlahnya sudah mencapai 148 kasus positif DBD. Sementara untuk demam dengue (DB) tercatat 128 kasus, dan suspect DBD mencapai 67 kasus. Angka ini menurut Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang sudah termasuk membahayakan.

Untuk itu, masyarakat Bontang diminta memiliki kesadaran dan kemauan untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di rumah masing-masing. Yaitu mencegah munculnya jentik-jentik nyamuk aedes aegypti yang menjadi vektor penyakit DBD ini.

“Pengendalian yang paling murah adalah PSN. Ini yang membutuhkan kesadaran masyarakat. Harapan kami untuk ke depan bukan hanya fogging, tetapi juga PSN yang meliputi 3M plus wajib dilakukan,” kata Diana Nurhayati selaku Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Bontang dalam jumpa pers, Jumat (22/2/2019).

Dijabarkan, PSN meliputi pemantauan jentik nyamuk di dalam maupun di sekitar rumah. Hal ini bisa dilakukan dengan keberadaan juru pemantau jentik (jumantik). Pada masing-masing rumah, di harapkan ada satu anggota keluarga yang melakoni tugas ini, memastikan tidak ada jentik nyamuk khususnya di tempat-tempat yang memungkinkan air tergenang.

“Masyarakat selalu meminta fogging. Padahal fogging kurang efektif. Belum tentu nyamuknya terbunuh semua. Karena kalau tidak tepat waktu penyemprotannya, nyamuk masih bisa sembunyi. Bisa bertelur dan sekalinya bertelur mencapai 200-an jentik. Fogging itu hanya membunuh nyamuk, tetapi tidak membunuh jentik-jentiknya,” beber Diana.

Karena itu, dia berharap masyarakat melakukan kerja bakti terlebih dahulu sebelum fogging dilakukan. Untuk memastikan tidak ada genangan air di lingkungan sekitar. Pun dengan 3M mesti digalakkan, meliputi menguras dan menutup bak air, serta mendaur ulang barang bekas. Langkah-langkah itu termasuk pemberian larvasida atau abate, bisa mematikan jentik-jentik nyamuk.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button