Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Feature

Cara si ”Suneo dan SpongeBob” Menunjukkan Kepedulian kepada Sesama

Terpanggil melihat banyak orang tidak mampu terjerat hukum, Santosa Amin menyumbangkan sebagian hasil penjualan lukisan kepada LBH Jakarta. Karyanya jadi punya nilai tambah berkat perannya sebagai ”peniup roh” Suneo dan SpongeBob.

DRIAN BINTANG SURYANTO, Jakarta

ADA tiga ikan di kanvas itu. Santosa Amin terus menyapukan warna. Hanya sesekali berhenti untuk mengganti kelir. Dari biru ke hitam dan sebaliknya.

”Tidak ada jenisnya, ya cuma ikan yang kelihatan tulang belulangnya,” ucapnya kepada Jawa Pos saat jeda sejenak dari depan kanvas.

Lukisan itu memang belum selesai. Santosa juga belum tahu akan menamainya apa.

Tapi, di kamar tempat dia melukis pada Selasa siang lalu (19/2), ada sejumlah lukisan karyanya yang lain. Juga, berlembar-lembar kertas yang akan dijadikan naskah film.

Kamar di lantai 3 rumah yang berada di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, tersebut memang saksi bisu kemultitalentaan pria 44 tahun tersebut. Melukis, menulis naskah, hingga menjadi dubber alias pengisi suara.

Dialah sosok di balik karakter Suneo Honekawa di serial televisi Doraemon. Dia pula yang ”meniupkan roh” SpongeBob dalam SpongeBob Squarepants.

Namun, jangan lantas menyamakannya dengan Suneo yang sombong, usil, dan suka mengganggu orang-orang di sekitar. Santosa malah sebaliknya. Dia justru peduli dengan kondisi sosial di sekelilingnya.

Sejak 2016 dia mengikutkan karyanya dalam lelang yang diadakan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Sebagian hasil penjualan disumbangkan kepada organisasi penyelenggara.

Dia mengaku merasa terpanggil saat melihat banyak orang tidak mampu yang berhadapan dengan hukum. ”Mereka (LBH) menghimpun dana untuk memfasilitasi teman-teman yang tidak mampu mendapatkan perlindungan hukum secara gratis. Nah, uangnya nanti akan digunakan sebagai biaya operasional mereka,” jelas Santosa.

1 2 3 4Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button