Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Internasional

Kota di India Paling Tercemar

NEW DELHI – Studi terbaru menunjukkan bahwa India adalah salah satu negara dengan polusi yang paling mengkhawatirkan. Setengah dari peringkat 50 kota dengan polusi tertinggi diisi Negeri Bollywood tersebut.

CNN melansir, dokumen World Air Quality Report 2018 menunjukkan bahwa kota dengan polusi tertinggi tahun lalu adalah Gurugram. Indeks polusi kota yang berbatasan dengan New Delhi itu mencatat rata-rata 135,8. Tiga kali dari batas maksimal polusi udara yang ditetapkan Lembaga Perlindungan Lingkungan AS.

Banyak kota urban India yang mengikuti jejak Gurugram. Termasuk New Delhi yang berada di peringkat ke-11. Dari 30 peringkat teratas, kota-kota India menempati 22 posisi. ’’Laporan ini adalah peringatan bagi India. Upaya pemerintah dan semua elemen belum cukup,’’ ujar aktivis Greenpeace India Pujarini Sen kepada The New Indian Express.

Menurut IQAir AirVisual, perusahaan yang melakukan studi, India disusul beberapa negara tetangga. Di antaranya, Tiongkok, Pakistan, dan Bangladesh.

Sejatinya, secara rata-rata nasional, polusi India lebih baik dibanding Bangladesh dan Pakistan. Namun, kota-kota penyangga ekonomi di tanah Hindustan itu menjadi aktor utama.

Menurut Bloomberg, India merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. Namun, pertumbuhan itu bukan tanpa akibat. World Bank menyebut beban jaminan kesehatan dan penurunan produktivitas di India akibat polusi mencakup 8,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) nasional. ’’Kita harus melakukan hal yang lebih nyata daripada sekadar janji politik,’’ imbuh Sen.

NDTV melansir bahwa polusi udara di India merugikan ekonomi. Menurut riset International Food Policy Research Institute (IFPRI), kerugian itu mencapai USD 30 miliar (Rp 423 triliun) per tahun. Samuel Scott, salah seorang peneliti IFPRI, memperkirakan bahwa Negara Bagian Delhi, Haryana, dan Punjab menjadi area yang paling terdampak polusi tersebut.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button