Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Kaltim

Peresmian KEK Maloy Molor Lagi

SAMARINDA–Keinginan Pemprov Kaltim meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK), Rabu (12/3), kembali kandas. Pembatalan peresmian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyusul ketidaksiapan Pemerintah Kota Bitung sebagai tuan rumah peresmian sejumlah proyek strategis nasional (PSN) yang dilaksanakan di tempat itu.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Kaltim Fuad Assadin, saat dikonfirmasi terkait rencana peresmian proyek industri di Kecamatan Sangkulirang, Kutai Timur (Kutim), itu Senin (11/3).

“Semula rencana peresmian KEK MBTK akan dilaksanakan bersama-sama dengan KEK Bitung dan Morotai. Tapi dari Pemerintah Bitung sendiri ternyata belum siap untuk minggu ini,” ungkap Fuad.

Pemerintah Kota Bitung mengusulkan peresmian dilaksanakan akhir Maret mendatang. Perubahan rencana itu akan disampaikan langsung Pemerintah Bitung kepada Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Karena ada perubahan, ya mau bagaimana lagi. Kami sendiri siap-siap saja kalau memang peresmian jadi dilakukan minggu ini. Sekarang informasinya sih akhir Maret baru bisa mereka (Pemerintah Bitung) lakukan,” ujarnya.

Menurut dia, sejauh informasi yang dia dapatkan, mundurnya peresmian sejumlah proyek strategis itu bukan karena faktor ketidaksiapan infrastruktur atau pembangunan proyek KEK Bitung atau Morotai di daerah itu. Namun lebih kepada hal-hal teknis. “Di Bitung katanya tempat peresmian saja belum mereka tentukan. Makanya kami mau berkoordinasi terkait itu saja enggak bisa,” tegas dia.

Mundurnya jadwal peresmian itu juga ditengarai karena faktor padatnya jadwal kegiatan presiden. Apalagi saat ini adalah tahun politik. Dari sisi massa, peresmian beberapa proyek yang dilakukan di Bitung terbilang cukup sedikit. “Kami ini sekadar menunggu kalau bisa diresmikan. Mungkin barangkali Pak Presiden banyak pekerjaan dan agenda, sehingga peresmian ditunda dulu,” tuturnya.

1 2 3 4Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button