Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Opini

Di Negara Ini, Orang Tua Bisa Cuti Tiga Tahun Urus Anak dan Tetap Digaji

Ada lagi cuti pengasuhan anak atau child care leave. Setiap tahun, ibu atau ayah memiliki hak untuk mengambil cuti selama enam hari kerja bagi yang memiliki anak di bawah 3 tahun atau tiga anak di bawah 14 tahun. Kalau punya anak satu atau dua di bawah 14 tahun, cutinya tiga hari.

’’Beberapa waktu lalu, saya mengambil child care leave selama tiga hari. Saya dapat EUR 180,’’ ujar Dini Ratsepso, seorang warga Indonesia yang tinggal di Estonia.

Selain itu, Estonia sangat memperhatikan kesejahteraan anak. Pertama, biaya melahirkan gratis. Setelah itu, ada tunjangan melahirkan EUR 320 per anak. Kelahiran kembar tiga atau lebih mendapat EUR 1.000 per setiap anak yang dilahirkan.

Ada lagi tunjangan bulanan. Yang itu kami rasakan sendiri. Putra kami, Muhammad Rayhan Arthursyah, mendapatkan tunjangan bulanan sekitar EUR 90.

Berdasar informasi dari Kementerian Sosial, allowance diberikan sejak anak lahir hingga usia 19 tahun. Semakin banyak jumlah anak, tunjangan kian besar. Di sini, asuransi kesehatan anak juga dibayar negara alias gratis. Termasuk anak kami.

Dengan sistem seperti itu, ada banyak manfaat yang dirasakan para orang tua di Estonia. Mereka mengaku bisa terus melihat tumbuh kembang sang anak dan memiliki quality time bersama keluarga. Anak pun tumbuh bahagia. Dengan begitu, mereka lebih termotivasi di masa depan. Buktinya? Estonia kini menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Berdasar survei internasional tiga tahunan, Programme for International Student Assessment (PISA) terbaru pada 2015, Estonia menempati ranking ketiga terbaik di dunia dalam keseluruhan bidang science, reading, dan mathematics. Satu-satunya negara Eropa yang masuk tiga besar.

Laman sebelumnya 1 2 3 4Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button