Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Advertorial

Mobil Imun Goes to RT, Beri Kemudahan Masyarakat Loktuan dan Guntung

BONTANG – Ajak masyarakat rutin periksa kesehatan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama Puskesmas Bontang Utara II, goes to RT menggunakan Mobil Imun Pupuk Kaltim, Sabtu (16/3/2019). Bertempat di RT 46 Kelurahan Loktuan, Toko Pipin.

Staf Departemen CSR Pupuk Kaltim, Esti Yuli Wulandari menerangkan kegiatan ini dalam rangka pemeriksaan rutin promosi kesehatan dengan Mobil Imun untuk warga Loktuan dan Guntung. Mengawali program goes to RT tahun 2019, Pupuk Kaltim bertandang ke RT 46 Loktuan dengan jangkauan warga dari RT 46, 47, dan 48 Loktuan.

Lanjut Esti, program ini adalah wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat Loktuan dan Guntung di bidang kesehatan. Yang terjadwal selama dua kali dalam sebulan. “Memang ini evaluasi dari kami, bagaimana warga Loktuan terjaring untuk bisa diperiksa semua. Bekerja sama dengan Puskesmas Bontang Utara II, kita juga melakukan indeks kesehatan masyarakat,” terangnya.

Program yang sudah berlangsung sejak 2017 lalu ini dikemas baru berkonsep goes to RT. “Biasanya setiap kelurahan dua kali dalam sebulan, berkumpul di satu tempat. tapi di 2019 ini kita akan keliling ke seluruh RT. Bergantian setiap bulannya, jemput bola,” ujar Esti.

Di tempat sama, Sumarni Penanggung Jawab Promosi Mobil Imun Puskesmas Bontang Utara II menjelaskan, Mobil Imun hadir untuk mendekatkan pelayanan promotif dan preventif dalam rangka peningkatan imunitas masyarakat. Dengan pelayanan vaksinasi, pantau tumbuh kembang (tumbang), deteksi dini penyakit tidak menular (PTM), informasi kesehatan, distribusi abate, dan obat gizi.

Adapun kegiatan screening PTM meliputi pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, layanan carada scan (alat untuk mengukur massa otot tubuh dan lemak dalam darah), hingga cek darah sesuai risiko (glukosa, kolesterol, dan asam urat).

Suasana pemeriksaan PTM yang dilakukan petugas Puskesmas Bontang Utara II kepada warga RT 46, 47, dan 48 Loktuan. (FAUZI/HUMAS PUPUK KALTIM)

“Program goes to RT ini hasil evaluasi dari tahun sebelumnya. Di mana pelaksanaan di beberapa RT kurang menjaring masyarakat untuk periksa. Jadi masyarakat yang hadir hanya itu-itu saja. Maka dilakukan inovasi dengan konsep jemput bola,” kata dia.

Selain pemeriksaan PTM, juga melakukan pemberian makanan tambahan berkonsep catering gizi untuk anak gizi buruk, ibu hamil, lansia, baduta (bayi di bawah 2 tahun), hingga pemberian susu kepada anak di bawah lima tahun (balita).

“Bayi, balita, remaja, pra lansia, lansia, semua pelayanan kami laksanakan di mobil ini. Sementara, satu bulan dua kali secara gantian dilaksanakan di Loktuan dan Guntung. Mengingat PTM paling banyak ditemui saat pemeriksaan,” urai Sumarni.

Kemudahan pelayanan dirasakan sangat membantu bagi Herawati, Ketua RT 46 Loktuan. Ia mewakili warganya mengucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim dengan adanya Mobil Imun tersebut. “Kegiatan seperti ini sangat membantu kita. Warga antusias dan mendukung. Semoga kegiatan ini berlanjut,” tutup Hera. (ra/adv)

Tags

Related Articles

Comment

Back to top button