Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Kaltim

Ekspor Batu Bara, India Berpotensi Jadi Pasar Terbesar

SAMARINDA – India diproyeksi menjadi pasar ekspor terbesar batu bara dari Kaltim. Pasalnya tahun ini konsumsi emas hitam Negeri Bollywood diperkirakan tumbuh 4,5 persen (year on year/yoy). Sementara produksi domestik mereka pertumbuhannya hanya 3,7 persen (yoy). Artinya, mereka akan mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Kaltim Muhamad Nur mengatakan, di pasar perdagangan dunia, terdapat dua negara berkembang yang berperan sebagai importir terbesar batu bara Kaltim. Yaitu Tiongkok dan India. Meskipun Tiongkok merupakan importir terbesar, tetapi negara ini juga merupakan produsen dengan cadangan batu bara terbesar di dunia.

“Produksi batu bara Tiongkok pada 2017 tercatat sebesar 3,67 miliar metrik ton (mt), relatif besar dibandingkan Indonesia yang hanya sebesar 485 juta metrik ton,” jelasnya Minggu (17/3).

Dia menambahkan, pertumbuhan permintaan emas hitam di Tiongkok yang masih potensial disebabkan dampak dari pertumbuhan ekonomi. Terutama di sisi Industri. Pabrik-pabrik manufaktur di Tiongkok mengandalkan batu bara sebagai sumber energi utama. Ini dikarenakan batu bara adalah energi yang relatif murah, dibandingkan energi dalam bentuk liquid ataupun gas.

“Sedangkan potensi India, merupakan pasar batu bara yang terus berkembang,” ungkapnya. Dengan pertumbuhan ekonomi India pada 2017 sebesar 6,7 persen (yoy) dan populasi sebesar 1,3 miliar penduduk, India memiliki ruang pemanfaatan batu bara yang cukup besar. Berdasarkan negara tujuan, ekspor batu bara Kaltim terbesar ke India dan Tiongkok, sebesar 28,48 persen dan 25,04 persen.

“Pertumbuhan volume ekspor komoditas andalan Kaltim mulai kembali menunjukkan tren positif sejak triwulan III 2017. Namun, ekspor batu bara ke Tiongkok memiliki titik peak dan through yang cukup tinggi, disebabkan sering berubah-ubahnya kebijakan impor pemerintah negara tersebut,” katanya.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button