Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Bontang

Waspada! Uang Palsu Beredar di Pasar Citra Mas Loktuan

BONTANG – Peredaran uang palsu perlu diwaspadai. Pasalnya, di Pasar Citra Mas Loktuan diduga banyak beredar uang palsu. Satu tersangka pun berhasil diamankan oleh tim gabungan Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Bontang dengan Unit Reskrim Polsek Bontang Utara pada Selasa (19/3/2019) lalu.

Tersangka yang melakukan tindak pidana menyimpan dan mengedarkan uang palsu yakni BN (47) warga Jalan Kapal Feri RT 07 Loktuan, pemilik salah satu konter pulsa di Pasar Citra Mas Loktuan. “Tersangka mengaku bahwa uang palsu yang ada padanya merupakan hasil membeli,” jelas Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti melalui Kasat Reskrim AKP Ferry Putra Samodra, Rabu (20/3/2019).

Dijelaskan bahwa sisa uang yang masih ada pada BN sebanyak 14 lembar uang pecahan Rp 100 ribu yang diduga uang palsu. Ia membelinya dengan sistem online dari seseorang di wilayah Bogor Jawa Barat. “Awalnya ia kenal dengan seseorang dan diberitahukan jika mau pesan uang palsu silakan hubungi nomor ini, kemudian diberi nomor,” ujarnya.

Tak lama, tersangka menelpon nomor yang diberikan dan memesan uang palsu sebanyak empat kali masing-masing 10 lembar jadi total 40 lembar. “Dari 40 lembar tersisa 14 lembar dan sisanya sudah beredar,” ungkapnya.

Ditambahkan Kasubag Humas Iptu Suyono bahwa peredaran uang palsu yang dilakukan tersangka BN ada melalui pembelian BBM di salah satu SPBU, ada juga untuk membayar barang yang diantar oleh kampas. “Tersangka saat ini sudah diamankan di Polres Bontang dan masih dalam pengembangan,” imbuhnya.

Peredaran uang palsu di Bontang, lanjut Suyono ini kemungkinan melibatkan orang lain, karena mereka memesan dan bukan produksi sendiri. Empat kali pengiriman menggunakan jasa pengiriman yang diawali di bulan Januari, Februari, dan dua kali di bulan Maret.

1 2Laman berikutnya
Source
Prokal
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button