Advertorial

Dorong Penguatan Transformasi Industri Berbasis Digital, Pupuk Kaltim Terima Dua Penghargaan ITECH

PUPUK KALTIM terima penghargaan IT Telco for Performance and Competitiveness dari Majalah ITECH, kategori Top Digital Transformation in Smart and Integrated Fertilizer Distribution and Production. Penghargaan diterima Direktur Teknik dan Pengembangan Pupuk Kaltim, Satriyo Nugroho, dari Pimpinan Umum ITECH Irnanda Laksanawan di Ballroom Gedung BPPT Jakarta, Rabu (27/3/2019) malam.

Prestasi ini melihat geliat inovasi berbasis Teknologi Informasi (TI) di Pupuk Kaltim mampu mendorong kinerja dan performa perusahaan, melalui transformasi digital untuk meningkatkan daya saing dan pengembangan bisnis, khususnya pemanfaatan teknologi aplikasi yang sejalan dengan konsep digitalisasi industri 4.0 secara berkesinambungan.

Menurut Satriyo Nugroho, transformasi teknologi digital dalam mendukung kinerja perusahaan sejalan dengan visi Pupuk Kaltim menjadi World Class Company, tertuang melalui roadmap 2017-2021. Salah satunya melalui pemanfaatan aplikasi untuk memaksimalkan kinerja dan pencapaian target perusahaan.

“Sesuai roadmap, ada 90 aplikasi yang ditarget teralisasi dalam lima tahun. Dalam tiga tahun terakhir, Pupuk Kaltim mampu merilis 20-30 aplikasi yang sangat efektif mendorong kinerja perusahaan,” ujar Satriyo sesaat setelah menerima penghargaan.

Dicontohkan Satriyo, aplikasi Distribution Planning and Control System (DPCS) merupakan salah satu tools yang sangat efektif mendorong kinerja perusahaan karena mampu memantau stok pupuk di seluruh wilayah pemasaran Pupuk Kaltim secara realtime. Sehingga tidak ada lagi kekhawatiran isu kelangkaan pupuk terjadi. Aplikasi itu pun kini tengah dikembangkan melalui konsep Distribution Requirement Planning, agar Pupuk Kaltim dapat melakukan pemetaan produk yang terdistribusi sesuai kebutuhan di wilayah pemasaran.

“Dengan leadership yang kuat, didukung SDM, Pupuk Kaltim optimis transformasi digital terimplementasi dengan baik di seluruh lini perusahaan,” papar Satriyo.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Bakir Pasaman bersama Direktur Teknik dan Pengembangan Pupuk Kaltim, Satriyo Nugroho (kiri) membawa piagam penghargaan ITECH. (HUMAS PUPUK KALTIM)

Senada, Direktur Utama Pupuk Kaltim, Bakir Pasaman mengatakan pengembangan inovasi berbasis teknologi digital kini menjadi budaya kerja seluruh karyawan yang terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Hal itu melihat banyaknya gagasan baru hasil pengembangan inovasi sebelumnya, sehingga mendorong peningkatan performa dalam pencapaian target perusahaan.

Pemanfaatan teknologi sangat efektif dalam mempertahankan kinerja unggul baik sisi produksi maupun distribusi, seperti DPCS, bahkan menjadi tools yang menarik perhatian berbagai perusahaan industri di Indonesia untuk menerapkan hal serupa. “Kami terus mendorong karyawan meningkatkan pengetahuan bidang IT maupun Industri 4.0 melalui berbagai kebijakan. Tentunya ini menjadi target yang akan terus ditingkatkan ke depannya,” tutur Bakir.

Atas kebijakan tersebut, majalah ITECH turut menobatkan Bakir Pasaman sebagai Top CEO in Manufacture Industry 2019. Karena telah mendorong pengembangan inovasi berbasis teknologi dalam mendukung digitalisasi industri 4.0, sehingga Pupuk Kaltim mampu melakukan transformasi digital secara aktif melalui penerapan aplikasi.

Penghargaan diterima Bakir Pasaman dari Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumain Appe. “Saya ucapkan terima kasih kepada Itech dan Kemenristekdikti, tentunya ini amanah bagi kami untuk terus mengawal transformasi digital di Pupuk Kaltim, terutama untuk kebijakan yang sejalan dengan industri 4.0 hingga 5.0 nantinya,” pungkas Bakir. (*/vo/nav/adv)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button