Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Feature

Rangkaian Debat Pilpres 2019 Usai, Ini Momen Menarik selama Debat

Kegaduhan Tim Hore

Setiap capres bisa memasukkan 142 orang tim hore. Mereka acap kali membuat gaduh sepanjang debat. Akibatnya, beberapa kali pernyataan capres tidak terdengar jelas. Perilaku tim hore itu pun mendapat kritik luas sehingga mendorong KPU mengurangi jumlahnya di debat berikutnya.

Debat Ketiga (17 Maret)

Minimalkan ”Perselisihan”

Debat edisi ini mempertemukan kedua cawapres, Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno. Sebelum debat dimulai, di belakang panggung, keduanya sudah bertemu dengan ditemani tim masing-masing. Di situ Sandiaga Uno mencium tangan Ma’ruf. Sementara itu, Ma’ruf menunjukkan sikap mengayomi kepada Sandi. Sikap saling respek itu terbawa hingga debat berlangsung. Jadilah, Sandi dan Ma’ruf tampak meminimalkan perselisihan. Bukannya berdebat, keduanya hanya fokus pada visi dan misi masing-masing.

Tampilan Khas

Ma’ruf, sebagaimana sebelumnya, tampil dengan ciri khas. Mengenakan jas putih dengan kain panjang yang dikalungkan ke leher plus peci hitam. Bawahannya tentu saja mengenakan sarung. Sementara itu, Sandi mengenakan setelan jas formal yang dipadu peci.

Sebotol infused water berisi potongan lemon diletakkan di atas meja di hadapannya. Di sela-sela jeda, tidak banyak hal yang dilakukan Sandi dan Ma’ruf. Di saat musik hiburan bertalu-talu mengisi jeda, keduanya beristirahat ke belakang panggung. Sandi berjalan sendiri, sedangkan Ma’ruf digandeng Ipang Wahid.

Debat Keempat (30 Maret)

Saling Puji, Saling Curhat

Kedua capres sama-sama menyebut pihak lawan sebagai sosok Pancasilais, nasionalis, dan patriot. Namun, seusai memuji, keduanya juga saling curhat atas perilaku para pendukung lawan yang cenderung mendiskreditkan.

’’Seolah-olah saya membela khilafah, seolah saya akan melarang tahlilan. Ini sesuatu yang sangat tidak masuk akal,’’ ucap Prabowo.

Jokowi pun membalas Prabowo dengan curhat juga. ’’Kalau masalah tuduh-menuduh, saya kan juga banyak dituduh, Pak. (Selama) 4,5 tahun ini saya juga dituduh Pak Jokowi itu PKI. Tapi, saya juga biasa-biasa saja, nggak pernah saya jawab,’’ ucap Jokowi.

Laman sebelumnya 1 2 3 4Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button