Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Ragam

6 Kebiasaan ini Bisa Sebabkan Gigi Sensitif

Terasa ngilu di gigi saat mengonsumsi minuman panas atau dingin? Mungkin Anda berurusan dengan gigi sensitif. Keluhan yang satu ini memang sering terjadi tanpa disadari, dan benar-benar membatasi kenikmatan saat makan.

Tak jarang, orang yang mengalaminya juga merasakan gangguan saat beraktivitas lantaran keluhan ngilu yang muncul.

Gigi sensitif itu sendiri terjadi ketika lapisan enamel yang berfungsi melindungi gigi tak lagi berfungsi.

Sebagai akibatnya, gigi akan ‘terbuka’ dan bisa terpapar oleh segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut, termasuk makanan, minuman, ataupun udara.

Banyak faktor yang berperan pada terjadinya gigi sensitif, termasuk kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Berikut beberapa kebiasaan yang dimaksud:

1. Menyikat gigi terlalu keras

Sering menyikat gigi terlalu keras? Awas, Anda berisiko lebih tinggi mengalami gigi sensitif. Sebab, gerakan menyikat gigi yang terlalu keras dapat mengiritasi gusi, meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang, dan merusak lapisan enamel pada gigi yang berujung pada gigi sensitif.

2. Pola makan tidak tepat

Mengonsumsi makanan mengandung gula berlebih dan minuman bersoda dapat menyebabkan terjadinya gigi sensitif. Ini karena jenis asupan tersebut membuat bakteri penyebab gigi berlubang menghasilkan asam yang mampu mengikis lapisan enamel gigi.

Akibatnya, gigi sensitif sangat mungkin untuk terjadi. Risiko terjadinya gigi sensitif akan semakin meningkat jika kebersihan gigi dan mulut tidak terjaga dengan baik.

3. Bruxism

Pada sebagian orang, stres dapat memicunya untuk melakukan kebiasaan menggemeretakkan gigi alias bruxism. Kebiasaan ini dapat memberikan banyak tekanan pada gigi, sehingga mampu mengikis lapisan enamel. Selain itu, sering mengertakkan rahang juga bisa merusak sendi pada bagian tersebut dan menyebabkan gigi retak. Sebagai akibatnya, gigi akan menjadi lebih sensitif.

1 2 3Laman berikutnya
Source
JPNN
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button