Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Ragam

Ini Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI

Hampir semua ibu menginginkan bayinya mendapatkan asupan ASI yang cukup agar kebutuhan gizinya terpenuhi dan tak mudah sakit. Alhasil, sebagai ibu, Anda menjadi semangat sekali dalam memberikan ASI kepada sang buah hati. Sayangnya, semangat tersebut menurun ketika si bayi muntah setelah minum ASI.

Di satu sisi, Anda sedih dan berpikir bahwa mungkin ada yang salah dengan ASI Anda. Namun di sisi lain, Anda juga berpikir pasti ada penyebab lain yang melatarbelakangi hal ini.

Bayi gumoh, wajarkah?

Kondisi saat bayi muntah setelah minum ASI sering disebut sebagai gumoh. Gumoh dianggap normal jika tidak disertai dengan kondisi rewel ataupun sesak napas.

Kondisi ini disebabkan oleh susu yang sebelumnya telah ditelan, naik kembali ke kerongkongan. Hal ini dapat terjadi karena bagian kerongkongan dan lambung bayi masih lemah sehingga memicu terjadinya refluks.

Kecilnya lambung bayi membuat organ pencernaan tersebut cepat penuh sehingga hal tersebut membuat isi perut kembali ke atas. Selain itu, refluks juga terjadi karena kerongkongan bayi belum sempurna untuk menahan isi lambung.

Kondisi gumoh biasanya berlangsung hingga si Kecil berusia 4-5 bulan. Bila kondisi kesehatannya baik-baik saja, usai menginjak usia tersebut, muntah setelah minum ASI akan hilang dengan sendirinya.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, bila bayi Anda hanya mengeluarkan cairan sedikit-sedikit, kemungkinan gumoh disebabkan oleh jumlah cairan yang masuk terlalu banyak.

“Namun, jika bayi muntah dengan jumlah yang cukup banyak, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut dengan pemeriksaan fisik ke dokter spesialis anak. Hal ini untuk mengetahui apakah ada masalah terkait dengan saluran cerna buah hati Anda,” ujar dr. Sepriani.

Pemicu muntah usai minum ASI

1 2Laman berikutnya
Source
JPNN
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button