Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Bontang

Kunjungi TPS, Neni Sebut Angka Partisipasi Masyarakat Meningkat

BONTANG – Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni menyebut tingkat partisipasi masyarakat di Pemilu 2019 bertambah dibanding pemilu lima tahun lalu. Hal itu diungkapkan setelah melakukan kunjungan ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS), Rabu (17/4/2019).

Neni mengatakan, lima tahun silam tingkat partisipasi masyarakat hanya berkisar 60 persen. Sementara, tahun ini diperkirakan mencapai 80 hingga 85 persen. Meski begitu, angka tersebut sudah melampaui target partisipasi nasional yang dicanangkan KPU RI, yakni 77,5 persen.

“Jika dilihat dari beberapa kunjungan hari ini meningkat dari sebelumnya,” ujar Neni saat mendampingi Gubernur Kaltim, Isran Noor berkunjung ke Bontang.

Sesuai data yang diperoleh bontangpost.id, partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) menjadi perhatian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang. Apalagi dalam pemilu terakhir, Pemilu Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018 lalu. Angka partisipasi pemilih di Bontang hanya mencapai 57,1 persen.

Hal ini dari tahun ke tahun terus terjadi penurunan angka partisipasi pemilih dalam pemilu di Bontang. Penurunan tersebut terjadi seusai Pemilu 2014 yang sempat mencapai angka 72,4 persen. Menurun menjadi 64,3 persen di Pemilu Wali Kota (Pilwali) 2015, dan terus menurun di pilgub tahun lalu.

Artinya, partisipasi masyarakat terus jeblok dan masih terbilang tinggi yang memilih golput. Padahal di Bontang pernah mencatat partisipasi pemilu yang sangat tinggi pada Pemilu 1999 yaitu mencapai 92 persen.

Meski beragam upaya yang sudah dilakukan KPU demi mencapai target tersebut, seperti merekrut Relawan Demokrasi atau disingkat RelaSi. Relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilu. Akan tetapi belum mampu mendongkrak angka sesuai yang diinginkan.

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button