Internasional

Korut Berpaling ke Rusia

VLADIVOSTOK – ”Saya harap pertemuan ini akan sukses dan berguna.” Pernyataan tersebut dilontarkan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un ketika menginjakkan kaki di Stasiun KA Khasan, Vladivostok, Rusia, kemarin (24/4). Beberapa petinggi negeri Beruang Merah itu menyambut kedatangan pemimpin tertinggi Korut tersebut dengan hangat. Mereka meminta Jong-un mencicipi roti korovai yang menjadi ciri khas wilayah itu.

Kunjungan itu punya misi besar. Hari ini Jong-un akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Lokasinya belum ditentukan. Namun, sangat mungkin digelar di Pulau Russky, Vladivostok. Jong-un berpaling ke Rusia setelah pertemuan ke-2 dengan Presiden AS Donald Trump di Vietnam akhir Februari lalu tak menghasilkan keputusan apa pun.

Padahal, Korut sangat ingin beberapa sanksi yang dijatuhkan pada negaranya dicabut. Juga ada deklarasi bahwa perang Korea antara Korut dan Korsel berakhir. Sebelum ada deklarasi itu, perang tersebut hanya diakhiri dengan gencatan senjata. Jika sebagian sanksi dicabut dan ada deklarasi damai, pembangunan yang direncanakan Korut dan Korsel bisa berlangsung. Sayangnya, harapan tersebut tak sesuai dengan kenyataan.

”Saya berharap selama pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin, saya bisa melakukan diskusi konkret tentang penyelesaian situasi di Semenanjung Korea dan mengembangkan hubungan bilateral kami,” tegas Jong-un seperti dikutip AFP.

Jong-un memang berharap banyak pada Rusia. Dia tak lagi bisa mengandalkan AS maupun Korsel. Meminta bantuan pada Tiongkok juga sulit. Sebab, saat ini Tiongkok sedang perang dagang dengan AS. Jong-un juga sudah beberapa kali wira-wiri ke Negeri Panda itu. Rusia kini menjadi opsi untuk mencari pertolongan.

”Fokusnya (pertemuan) nanti adalah pada solusi diplomatik dan politik tentang masalah nuklir di Semenanjung Korea,” kata ajudan Kremlin untuk urusan kebijakan luar negeri Yuri Ushakov pada Selasa (23/4) waktu setempat.

Rencananya, Putin tiba di Vladivostok hari ini. Setelah pertemuan, dia akan terbang ke Beijing untuk bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam forum Belt Road Initiative. Jong-un rencananya tinggal hingga besok (26/4). Dia akan menghadiri beberapa acara kebudayaan. Di antaranya, menyaksikan pergelaran balet dan berkunjung ke akuarium di Vladivostok. (sha/c6/sof/jpg)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button