Bontang

Para Pengendara, Perhatikan Tujuh Pelanggaran Prioritas selama Operasi Keselamatan Mahakam 2019

BONTANG – Selama dua minggu ke depan, para pengendara kendaraan bermotor wajib memerhatikan aturan lalu lintas selama berkendara. Sebab, mulai 29 April hingga 12 Mei mendatang, Polres Bontang menggelar Operasi Keselamatan Mahakam 2019.

Ada tujuh pelanggaran yang menjadi prioritas dalam operasi ini, yaitu melawan arus, tidak menggunakan pelindung diri saat berkendara yakni helm SNI dan Safety Belt. Mengendarai kendaraan di bawah umur, menggunakan ponsel saat berkendara, serta mengendarai kendaraan di bawah pengaruh alkohol dan narkoba.

“ini sifatnya hanya peneguran, tapi jika fatal tetap kami akan tilang,” ungkap Kapolres Bontang, AKBP Siswanto Mukti melalui Kasat Lantas Polres Bontang, AKP Angga didampingi Kasubbag Humas Polres Bontang Iptu Suyono, saat ditemui di Hotel Grand Mutiara, Jalan Arif Rahman Hakim KM 3 Bontang, Minggu (5/5/2019).

Dijelaskannya, operasi ini merupakan kegiatan kemanusiaan pra operasi ketupat untuk pengkondisian ketertiban, keamanan dan kelancaran berlalulintas di Kota Taman. Sehingga dalam kegiatan yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini, pihaknya melakukan beberapa kegiatan di antaranya pemasangan spanduk, pembagian stiker, dan sosialisasi himbauan keselamatan.

“Pemberitahuan keselamatan, jadi kata-katanya di spanduk tidak terlalu panjang, jadi yang membaca nanti mudah dan cepat dipahami,” ucapnya.

Petugas yang diturunkan yaitu seluruh satuan Lantas Polres Bontang dan dibantu oleh unit Sabhara Polres Bontang. “Poskonya di Polres Bontang, kalau operasinya di seluruh wilayah Bontang,” ujarnya.

Dia tidak menampik, baru saja sepekan berjalan sudah ada pengendara yang melakukan pelanggaran, sehingga pihaknya harus melakukan peneguran. Sebab itu dia menghimbau agar masyarakat dapat berkendara sesuai aturan lalu lintas yang berlaku, karena menurutnya jika berkendara dengan aman, yang merasakan keuntungannya adalah diri sendiri. “Sudah ada yang melanggar,” katanya. (zae)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button