Bontang

Bawang Impor Belum Tiba, Harga Bawang Sudah Berangsur Turun

BONTANG – Bawang putih impor yang dikabarkan akan dikirim ke Bontang agar harga yang telah menyentuh Rp 100 – 120 ribu itu kembali normal, hingga Rabu (8/5/2019) tak kunjung tiba. Namun hal itu tampaknya tak mempengaruhi harga komoditas tersebut. Pasalnya harga bawang putih kini berangsur turun.

Hal ini diungkapkan salah satu pedagang Pasar Sementara Rawa Indah, Sri Handayani. Menurutnya, bahwa bawang putih impor itu baru tiba hari ini (9/5/2019). Barang yang didagangkannya merupakan pembelian dari pedagang lokal. “Kamis datangnya dari Samarinda, ini cuman beli satu karung di sini, kalau biasanya 10 karung dari bos di Samarinda,”

Namun harga bawang putih tersebut telah turun mencapai sekitar 30 ribu. Kini per kilogram dijual Rp 70 ribu.

Tidak hanya bawang putih, harga cabai yang sebelumnya dijual Rp 70 ribu kini dibanderol Rp 40 ribu. “Cabai rawit dan cabai merah besar juga turun,” ucapnya.

Penyebab harga bahan pokok ini mengalami kenaikan yakni lantaran stok yang ada kurang, namun permintaannya sangat tinggi. “Kemarin itu biar mahal banyak yang beli,” katanya.

Senada, pedagang Pasar Sementara Rawa Indah, Candra mengatakan bawang putih sudah mulai turun. Bawang putih yang dijualnya yakni sebesar Rp 65 ribu. Bahkan menurutnya kualitas barang yang didapatkannya saat ini lebih baik dari sebelumnya.  “Turun terus sudah ini (bawang putih). Bawangnya juga bagus ini keras, kalau kemarin lembek,” ujarnya. (zae)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button