Bontang

Struktur Tanah Tipis, Median Jalan Ditinggikan

BONTANG – Median Jalan Raden Suprapto mengalami renovasi. Para pekerja memasang batako tambahan satu buah di lokasi tersebut. Akibatnya, ketinggian median jalan bertambah menjadi 40 sentimeter. Dari separuh ukuran sebelumnya.

Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Maksi Dwiyanto menyebut urgensi dari proyek itu ialah kondisi struktur tanah yang tipis. Akibatnya, berbagai macam tanaman di median jalan tidak mampu tumbuh subur.

“Taman di median jalan itu kalau musim kemarau selalu meranggas,” kata Maksi.

Setelah ditinggikan media jalannya, petugas bakal menambah tanah. Tujuannya agar akar tanaman menjadi lebih kuat. Maksi menyebut konsep ini meniru yang sudah dilakukan di Balikpapan dan Samarinda.

“Di sana kelihatan hijau daunnya dan batangnya pun tebal. Sebab itu kami mencontohnya,” sebutnya.

Tahun ini, pengerjaan dilakukan di sepanjang Jalan Raden Suprapto saja. Selanjutnya, DPKPP bakal memberikan evaluasi. Dijelaskan Maksi, anggaran peninggian median jalan ini menggunakan sumber APBD 2019.

“Rencananya kalau itu bagus selanjutnya seluruh median akan ditinggikan,” terangnya.

Ia tidak dapat memberikan keterangan nominal pastinya. Namun, diperkirakan biaya yang dikucurkan tidak melebihi Rp 200 juta. “Mekanismenya ini penunjukkan langsung (PL),” tutur Maksi.

Selain faktor tanah, peninggian juga dilakukan untuk mengurangi aktivitas penyeberangan di atas median jalan. Dikarenakan tanaman yang diinjak pasti bakal mati.

Sebelumnya, DPKPP pun telah memberikan fasilitas penyeberangan dekat dengan lokasi pemasangan lampu lalu lintas. Hanya, kerap disalahgunakan oleh pengendara kendaraan untuk memutar balik.

“Kalau berdasarkan tingkat urgensinya maka harus ada jembatan penyeberangan. Jika arus lalu lintasnya sudah mulai padat,” kata dia.

Dijelaskan Maksi, saat ini Bontang merupakan kota sedang menuju klasifikasi kota besar. Oleh sebab itu, diperlukan inovasi dalam pengelolaan tata kota sesuai dengan tren yang berkembang. (ak/kpg)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button