AdvertorialBontang

Disnaker Bontang Tekan Angka Pengangguran Melalui Pemagangan

BONTANG – Mulai tahun ini, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bontang menjalin kerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Semarang. Salah satu tujuannya yakni menekan angka pengangguran di Kota Taman.

Kasi Pelatihan, Produktivitas dan Pemagangan Disnaker Bontang Dony Tanjung mengatakan, BBPLK Semarang merupakan salah satu mitra pelatihan leves atas. Hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan Bontang atas kerja sama ini.

“Baru tahun ini kami lakukan kerja sama dengan BBPLK Semarang,” ujar Dony – begitu sapaannya – saat ditemui di ruang kerjanya, Jalan Awang Long, Rabu (15/5/2019).

Dia menyampaikan, Maret 2019 lalu Disnaker Bontang telah mengirim sebanyak 8 orang ke BBPLK Semarang untuk mengikuti pelatihan Administrasi Perkantoran kurun waktu satu bulan.

Sementara itu, 19 Juni mendatang akan kembali mengirim 8 orang. Dua orang di antaranya bidang marketing, dan 6 lainnya bidang desain busana. Durasi pelatihan marketing yakni 1,5 bulan, dan desain busana 2 bulan lamanya.

“Ini masih tahap persiapan untuk pengiriman Juni nanti. Sebelum mereka berangkat, akan ada pembekalan seperti gambaran saat mengikuti pelatihan,” ucapnya.

Mereka yang dikirim tersebut, lanjutnya, biaya pulang pergi, uang saku, uang makan, tempat tinggal akan ditanggung dari pusat. Selain itu, setelah mengikuti pelatihan, akan diberi sertifikat kompetensi.

“Kalau di Semarang ada lowongan yang sesuai, bisa langsung melamar kerja. Begitu juga jika sudah kembali ke Bontang,” pungkasnya.

Hingga saat ini, Disnaker Bontang telah menjalin kerja sama pemagangan kepada sepuluh mitra kerja. Yakni LPK Bontang, BBPLK Cevest, BBPLK Bandung, BBPLK Semarang, Badak LNG, Pupuk Kaltim, Pama, BLK Bontang, BLK Samarinda, dan BLK Balikpapan. (mam/adv)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button