Advertorial

Disnaker Magangkan 634 Warga Bontang

BONTANG – Sebanyak 634 warga Bontang mengikuti pelatihan kerja, pemagangan, dan perekrutan tenaga kerja periode 2018-2019. Hal ini merupakan bentuk kerjasama Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bontang dengan beberapa balai pelatihan.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan, Produktivitas, dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Bontang, Usman HM mengatakan, setidaknya hingga kini pihaknya sudah bermitra dengan sepuluh balai pelatihan dan perusahaan baik di Bontang maupun di luar daerah.

Ada pun bidangnya, tergantung kebutuhan balai pelatihan dan perusahaan. Misalnya, pelatihan perkantoran, desain busana, marketing, otomotif, teknik pendingin dan informatika, mesin produksi serta beberapa bidang lainnya.

“Jadi kerjasama ini tidak hanya sekadar pelatihan, tapi juga membantu penempatan kerja,” kata Usman kepada bontangpost.id.

Meski pun memang tidak seluruhnya yang mengikuti pelatihan dan pemagangan ini secara otomatis langsung bekerja, tergantung pada lowongan kerja yang tersedia di setiap perusahaan.

Disnaker Bontang telah menjalin kerja sama pemagangan kepada sepuluh mitra kerja. Yakni LPK Bontang, BBPLK Cevest, BBPLK Bandung, BBPLK Semarang, Badak LNG, Pupuk Kaltim, Pama, BLK Bontang, BLK Samarinda, dan BLK Balikpapan.

Lanjut Usman mengatakan. dari sekian orang tersebut yang mengikuti pelatihan juga pemagangan sekitar 70 persen sudah mendapatkan penempatan kerja.

“Yang tahun 2018 sudah 70 persen. Tahun ini belum karena masih ada yang proses untuk mengikuti pemagangan,” jelasnya.

Begitu pula dengan kesempatan pemagangan ini, kata Usman akan dilakukan secara bergantian. Sehingga warga lainnya nantinya juga mendapatkan kesempatan yang sama.

“Pastinya bergantian. Karena tidak mungkin juga sekaligus mendapat kesempatan pemagangan dan pelatihan,” tutupnya (mam/adv)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button