Bontang

689 Warga Binaan Lapas Bontang Diusulkan Dapat Remisi

BONTANG – Sebanyak 689 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III B Bontang diusulkan menerima pengurangan masa hukuman atau remisi di idulfitri tahun ini. Namun dari ratusan warga binaan yang diusulkan, tidak ada nama narapidana tindak pidana korupsi (Tipikor).

Usulan remisi ini terbagi dalam tiga kelompok, pertama berdasarkan PP Nomor 99/2012 sebanyak 389 orang. Kedua menurut PP Nomor 28/2006 hanya satu orang. Ketiga yaitu untuk pidana umum sebanyak 299 orang. “Paling banyak pidana umum,” ungkap Kepala Lapas Kelas III Bontang Heru Yuswanto, saat ditemui disela kegiatan Safari Ramadan Kapolda Kaltim dan Pangdam VI Mulawarman di Dandim 0908/Bontang, Kamis (16/5/2019).

Sedangkan bagi warga yang tersangkut tipikor, tidak ada satu pun yang diajukan menerima remisi. Alasannya, diwajibkan membayar uang denda sesuai vonis yang ditetapkan. “Harus bayar uang denda dulu,” ucapnya.

Lanjut dia, kegiatan ini rutin pihaknya ajukan tiap tahunnya. Diberikan bagi warga binaan yang telah memenuhi persyaratan seperti telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan, berkelakuan baik, telah mengikuti program binaan yang diselenggarakan Lapas dengan predikat baik.

Dia menegaskan, untuk warga binaan yang mendapatkan remisi ini pihaknya tidak memungut biaya. Pasalnya ini adalah hak warga binaan. “Ini gratis,” tegasnya.

Jawaban usulan yang diajukan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) ini paling lambat akan diterima 2 pekan sebelum hari raya idulfitri. “Diterima paling lambat seminggu atau dua minggu sebelum lebaran,” katanya.(zae)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button